Begini Cara Mengobati Sengatan Lebah yang Sudah Membengkak

Terapkan sejumlah cara mengobati sengatan lebah yang sudah membengkak berikut agar aktivitas sehari-hari tak lagi terganggu.

cara mengobati sengatan lebah yang sudah membengkak

Lebah dikenal sebagai serangga kecil penghasil madu yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Sebagai alat perlindungan diri, lebah dilengkapi dengan alat penyengat yang berada di ujung abdomen/perutnya.

Berbeda dari tawon yang dapat menyengat hingga berkali-kali, lebah hanya bisa menyengat sekali saja, lantas akan mati setelahnya. Lebah akan mengejar dan menyengat pengganggunya hanya jika merasa terancam.

Sengat yang disuntikkan lebah ini mengandung racun yang apabila masuk ke dalam tubuh manusia dapat menimbulkan beragam reaksi. Mulai dari yang ringan hingga syok anafilaktik akibat reaksi alergi dari racun tersebut.

Pentingnya Melakukan Pertolongan Pertama Setelah Disengat Lebah

Bila pertolongan pertama disengat lebah segera dilakukan, umumnya reaksi yang timbul tergolong ringan dan dapat mereda dalam hitungan jam. Namun bila tidak, maka jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh pun akan semakin banyak.

Akibatnya, akan timbul gejala lebih jauh seperti pembengkakan yang akan semakin membesar dari hari ke hari disertai kemerahan juga rasa nyeri yang dapat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.

Lantas, Bagaimana Cara Mengobati Sengatan Lebah yang Sudah Membengkak?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi kondisi seperti ini. Diantaranya dengan menerapkan kompres dingin, mengoleskan krim hidrokortison, minum obat pereda nyeri dan lainnya seperti dijelaskan berikut.

1. Terapkan kompres dingin secara rutin

Bungkus es batu dengan handuk, kemudian kompreskan langsung pada area yang membengkak selama maksimal 20 menit. Jangan lupa untuk mengangkat kompres sesekali waktu guna menghindari frosbite.

Cara lain, yakni dengan mencelupkan handuk atau kain ke dalam air dingin. Lalu diperas hingga cukup lembap untuk selanjutnya dikompreskan pada area yang bengkak. Metode kompres dingin ini dapat diterapkan secara rutin selama maksimal 20 menit setiap 4 hingga 6 jam sekali selama 3 hari berturut-turut.

2. Oleskan krim hidrokortison

Cara mengobati sengatan lebah yang sudah membengkak selanjutnya adalah dengan menggunakan krim atau salep hidrokortison. Hidrokortison sendiri merupakan obat golongan kortikosteroid yang bekerja dengan menurunkan sistem imun tubuh, sehingga gejala seperti nyeri dan pembengkakan dapat berkurang.

Oleskan krim hidrokortison secukupnya secara merata di area sengatan yang mengalami pembengkakan. Gunakan sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan atau sesuai petunjuk dokter. Jangan menutup area kulit yang sudah diolesi krim ini, baik dengan plester, kain atau perban.

3. Minum obat pereda nyeri

Untuk membantu meredakan pembengkakan juga nyeri akibat sengatan lebah, konsumsi obat pereda nyeri juga dapat menjadi pilihan. Untuk nyeri dan bengkak yang ringan dapat mengonsumsi paracetamol.

Sementara untuk gejala nyeri dan pembengkakan yang lebih berat, dapat memilih obat golongan antiinflamasi non-steroid, seperti ibuprofen, naproxen dan asam mefenamat. Minumlah sesuai dosis yang dianjurkan dokter dan hentikan segera konsumsinya bila gejalanya sudah mereda.

4. Konsumsi obat antihistamin

Obat antihistamin dapat dikonsumsi untuk meredakan gejala pembengkakan dan gatal-gatal. Obat ini dijual bebas di apotek, contohnya seperti chlorpheniramine atau CTM dan diphenhydramine. Untuk anak usia di bawah 2 tahun dan ibu hamil, konsultasikan dahulu pada dokter sebelum mengonsumsinya.

5. Gunakan bahan-bahan alami

Selain melalui obat-obatan, bahan-bahan alami juga dapat menjadi alternatif cara mengobati sengatan lebah yang sudah membengkak. Beberapa bahan alami tersebut antara lain:

  • Gel lidah buaya. Memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan sekaligus mencegah infeksi. Oleskan lidah buaya segar pada area yang bengkak.
  • Madu. Diketahui mengandung senyawa yang dapat memerangi peradangan sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan. Oleskan madu pada area yang bengkak dan balut agak longgar dengan perban selama 1 jam sebelum dibilas. Madu juga dapat diminum sebanyak 1 sdm 2 kali sehari untuk membantu meningkatkan sistem imun.
  • Cuka apel. Rendam perban atau kain ke dalam cuka apel, lalu aplikasikan langsung pada area yang bengkak.

Beberapa bahan alami lainnya yang dapat digunakan, yakni krim calendula, minyak esensial lavender, tea tree oil, witch hazel dan minyak atsiri.

Perhatikan Pula Beberapa Hal Berikut:

Bila pembengkakan terjadi di area seperti kaki atau tangan, maka saat beristirahat usahakan posisi anggota tubuh tersebut diangkat atau berada lebih tinggi guna mempercepat penyembuhan. Jangan menggaruk area yang terasa gatal, karena dapat semakin memperburuk kondisi yang ada. Cukup oleskan losion kalamin.

Umumnya, pembengkakan akibat sengatan lebah seperti ini akan membaik kurun waktu 5-10 hari dengan penerapan sejumlah pengobatan di atas. Namun, bila tak juga reda kurun waktu tersebut atau justru gejalanya semakin parah, maka segera periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.

  • Mayo Clinic Staff, Mayoclinic. 2019. Bee sting Symptoms & causes. Diagnosis & treatment. Diakses Juli 2020.
  • Carol DerSarkissian, Webmd. 2018. Treatment of Bee and Wasp Stings. Diakses Juli 2020.
  • Webmd. Are You Allergic to Insect Stings?. Diakses Juli 2020.
  • Jenna Fletcher, Medicalnewstoday. 2018. Eight home remedies for bee stings. Diakses Juli 2020.
  • Annette McDermott, Healthline. 2019. Home Remedies for Bee Stings: What Works?. Diakses Juli 2020.
  • Colby Stong, Clinicaladvisor. 2017. Bee stings and allergies: prevention and treatment tips. Diakses Juli 2020.
  • Varnada Karriem-Norwood, MD, Medicinenet. 2018. 8 First Aid Kit Essentials for Scrapes, Cuts, Bug Bites, and More in Pictures. Diakses Juli 2020.

Tinggalkan Komentar

#