Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut, Ampuh & Mudah Dilakukan

Bagi penggemar setia jengkol, yuk cari tahu cara menghilangkan bau jengkol di mulut agar napas tetap segar.

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut

Jengkol (Archidendron pauciflorum) merupakan salah satu bahan makanan yang sangat amat digemari oleh sebagian masyarakat Indonesia. Ada banyak kreasi aneka makanan jengkol yang biasa dijumpai. Mulai dari rendang, semur, balado hingga keripik jengkol.

Meski memiliki cita rasa yang super enak di lidah para penggemarnya, namun masalah bau mulut kerap menjadi masalah yang muncul usai menyantap olahan jengkol. Bau ini sendiri berasal dari asam jengkolat – senyawa asam amino yang mengandung sulfur, yang terkandung didalamnya.

Untuk itu, agar tetap bisa menikmati berbagai olahan jengkol tanpa perlu mengkhawatirkan aroma menyengat yang muncul setelahnya, berikut ada beberapa cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang dapat dicoba.

Beragam cara menghilangkan bau jengkol di mulut

1. Segera berkumur & gosok gigi

Beberapa saat tak lama setelah mengonsumsi olahan jengkol, segeralah berkumur-kumur dengan air bersih. Lalu, lanjutkan dengan menggosok gigi, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi serta membersihkan lidah dengan alat penggosok lidah.

Rajin berkumur-kumur selepas makan dan menggosok gigi 2 kali sehari secara rutin juga merupakan salah satu cara efektif dalam menjaga kesehatan gigi juga mulut. Kebiasaan ini dapat mencegah timbulnya gigi berlubang yang dapat menjadi penyebab bau mulut.

Baca juga: Inilah Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

2. Konsumsi makanan penyegar mulut

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut selanjutnya yang dapat dicoba adalah dengan segera mengonsumsi sejumlah makanan penyegar mulut. Diantaranya seperti:

  • Mengunyah daun basil, parsley, mint atau daun ketumbar.
  • Mengunyah cengkeh atau biji adas.
  • Mengunyah kulit jeruk atau kulit lemon.
  • Kunyah dan makan satu buah apel, 2 buah jeruk ukuran sedang atau beberapa potong buah nanas.
  • Makan yoghurt atau minum susu.

3. Minum teh hijau campur daun mint

Teh hijau memiliki sifat antiseptik, penghilang bau dan penyegar napas sementara. Begitupun dengan daun mint yang memiliki efek serupa. Kombinasi keduanya dirasa cukup efektif dalam membantu menghilangkan bau jengkol di mulut yang menjengkelkan. Minumlah dalam keadaan hangat atau dingin setelah mengonsumsi olahan jengkol.

4. Berkumur dengan larutan baking soda atau cuka apel

Pilihan lain sebagai cara menghilangkan bau jengkol di mulut, yakni dengan memanfaatkan baking soda atau cuka apel. Kedua bahan ini diketahui memiliki senyawa tertentu yang dapat menetralkan bau menyengat dari makanan seperti jengkol ataupun bawang putih.

Untuk membuat obat kumur rumahan dari baking soda caranya sangat mudah. Cukup larutkan 2 sdt baking soda ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu, berkumurlah hingga ke tenggorokan selama 30 detik, lalu muntahkan. Ulangi hingga beberapa kali.

Sementara untuk obat kumur dari cuka apel, larutkan 2 sdm cuka apel ke dalam segelas air. Berkumurlah dengan cara yang sama seperti sebelummya sebanyak beberapa kali hingga larutan tersebut habis.

5. Kunyah permen karet bebas gula

Mengunyah permen karet bebas gula bermanfaat untuk menetralkan bau mulut selepas mengonsumsi olahan jengkol. Selain itu juga dapat membantu mengurangi refluks asam lambung dan meningkatkan produksi air liur.

6. Gunakan minyak esensial berlabel food grade

Mendengar kata essential oil, umumnya pikiran kita akan tertuju pada minyak aromaterapi. Namun ternyata, minyak esensial juga dapat diaplikasikan ke dalam makanan untuk memperkuat rasa dan aroma, seperti pada kue, permen dan es krim.

Selain itu juga dapat digunakan untuk membantu mengusir bau mulut karena jengkol atau makanan berbau menyengat lainnya. Caranya sebagai berikut:

  • Campurkan setetes minyak esensial berlabel food grade, misal seperti minyak peppermint, dengan 1 sdt minyak pembawa (minyak kelapa, zaitun, dll.).
  • Setelah cukup encer, aduk-aduk hingga larut ke dalam segelas air putih.
  • Berkumurlah selama beberapa detik, ulangi beberapa kali hingga larutan tersebut habis.

Itulah beberapa cara yang dapat dipilih untuk membantu menghilangkan bau jengkol di mulut. Untuk mengolah jengkol agar tidak bau, ada satu tips penting yang dapat dicoba.

Rendamlah jengkol selama 24 jam atau seharian penuh dengan air bekas cucian beras. Keesokan harinya, buang air rendaman tersebut, lalu ganti dan rendam lagi selama seharian penuh dengan air bekas cucian beras yang baru. Perendaman ini dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali sebelum jengkol diolah lebih lanjut.

  • Corey Whelan, Healthline. 2019. 8 Tips to Get Rid of Garlic and Onion Breath. Diakses Juni 2020.
  • Corinne O'Keefe Osborn, Healthline. 2019. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath. Diakses Juni 2020.
  • Holly McGurgan, Healthline. 2019. Bad Breath (Halitosis). Diakses Juni 2020.

Tinggalkan Komentar

#