Makanan Anjuran dan Pantangan Bagi Penderita Cacar Air

Perhatikan makanan anjuran dan pantangan bagi penderita cacar air berikut untuk membantu mempercepat penyembuhan.

makanan anjuran dan pantangan bagi penderita cacar air

Cacar air adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Penyakit ini sangat menular – baik melalui kontak langsung dengan penderita atau lewat udara. Sebagian besar penderita cacar air adalah anak-anak yang berusia di bawah 12 tahun dan sisanya adalah orang dewasa atau remaja yang umumnya belum pernah mendapat vaksin cacar air.

Gejala cacar air yang utama ditandai dengan munculnya ruam kemerahan maupun lepuhan yang terasa gatal di beberapa bagian tubuh atau bahkan seluruh tubuh. Di samping beberapa gejala penyerta seperti demam, sakit kepala, badan terasa nyeri atau pegal dan kelelahan.

Makanan Anjuran dan Pantangan bagi Penderita Cacar Air

Selain dengan konsumsi obat-obatan, untuk membantu mempercepat proses penyembuhan dan meredakan berbagai gejala cacar air yang mengganggu, penderitanya diharuskan untuk menerapkan diet sehat.

Caranya yakni dengan mengonsumsi makanan yang bertekstur lembut, makanan hambar seperti nasi sebagai sumber karbohidrat, buah dan sayuran non-asam, makanan dingin seperti smoothies untuk mendorong nafsu makan serta menghindari atau membatasi makanan yang pedas, asam, asin, junk food dan gorengan. Berikut uraian lengkapnya.

makanan anjuran dan pantangan bagi penderita cacar air

Makanan anjuran bagi penderita cacar air

1. Makanan Bertekstur Lembut & Lunak

Makanan anjuran bagi penderita cacar air yang pertama adalah makanan yang lembut dan menyediakan kalori serta protein yang dibutuhkan tubuh. Contohnya seperti kentang tumbuk, ubi rebus, bubur kacang hijau, ketan hitam, tahu, telur orak-arik, ayam rebus dan ikan rebus.

2. Makanan Hambar

Sebagai sumber karbohidrat dan energi yang utama, penderita cacar air dapat mengonsumsi beberapa makanan yang hambar. Beberapa diantaranya yang disarankan adalah nasi putih, nasi merah, roti tawar, pasta dan oatmeal. Makanan yang hambar juga aman dikonsumsi bagi penderita cacar air yang mengalami keluhan tambahan seperti gangguan pencernaan.

3. Buah & Sayuran Non-Asam

Konsumsi buah juga sayuran selama menderita cacar air sangat penting. Hal ini tak lepas dari berbagai nutrisi didalamnya yang sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu menguatkan imun dalam memerangi virus penyebab.

Sebenarnya buah dan sayuran apapun dapat dikonsumsi saat menderita cacar air. Namun, bila lenting cacar air muncul juga di rongga mulut, sebaiknya konsumsi jenis buah dan sayuran non-asam seperti alpukat, pisang, pepaya, melon, apel, semangka, brokoli, mentimun, bayam dan lain sebagainya.

4. Makanan & Minuman Dingin

Saat terkena cacar air, banyak penderitanya – terutama anak-anak, yang mengalami penurunan nafsu makan bahkan mual. Untuk menyiasati kondisi ini, maka konsumsilah makanan maupun minuman yang dingin seperti es krim, yogurt, kefir, milkshake, buttermilk dan smoothies.

Selain mendorong nafsu makan, makanan anjuran bagi penderita cacar air ini juga kaya akan kalsium dan probiotik yang baik bagi sistem pencernaan serta dapat membantu menenangkan kulit dari rasa gatal.

Makanan pantangan bagi penderita cacar air

1. Makanan Pedas

Salah satu makanan pantangan bagi penderita cacar air adalah makanan yang pedas seperti sambal, cabai dan sejenisnya. Konsumsi makanan pedas saat sedang terkena cacar air diketahui dapat menimbulkan rasa panas dan peradangan di pencernaan sehingga akan menambah ketidaknyamanan yang dialami. Terlebih bila infeksi cacar air telah menyerang rongga mulut.

2. Makanan Asam

Mengonsumsi makanan asam seperti lemon, jeruk, tomat, nanas, acar, cuka, kopi dan lainnya dapat memperburuk kondisi terutama pada penderita cacar air yang memiliki keluhan tambahan seperti gangguan pencernaan, diare dan iritasi pada mulut juga tenggorokan.

3. Makanan Asin

Pada beberapa orang yang sensitif dan mengalami iritasi pada mulut maupun tenggorokan, konsumsi makanan yang asin dan banyak garam dapat memperparah kondisi yang dialami disamping memicu terjadinya dehidrasi.

Oleh karena, hindari sementara makanan yang asin termasuk camilan ringan kemasan, keripik kentang, keripik singkong, mie instan dan beraneka ragam makanan lainnya. Selain itu, perhatikan benar takaran garam saat memasak, gunakan saja secukupnya.

4. Junk Food & Gorengan

Junk food adalah makanan yang tinggi lemak jenuh, kalori, garam dan minim nutrisi, karena itu sebaiknya dihindari. Selain itu, selama terkena cacar air asupan makanan yang digoreng juga sebaiknya dibatasi atau dihindari dahulu.

Hal tersebut lantaran lemak jahat yang berasal dari minyak goreng yang digunakan berisiko memperparah peradangan yang terjadi dan memperlambat penyembuhan. Akan lebih baik bila menu yang hendak dimakan diolah dengan cara dikukus, direbus atau di pepes.

Sampel menu makanan sehat sehari-hari

Berikut adalah contoh menu makanan yang dapat dikonsumsi sehari-hari saat menderita cacar air:

Sarapan

  • Semangkuk atau setengah mangkuk oatmeal.
  • 1 buah pisang.
  • 1 butir telur orak-arik.
  • ½ daging buah alpukat.
  • Teh hangat dan air putih.

Makan Siang

  • Sepiring nasi putih/nasi merah.
  • Sayur bening taoge, bayam dan tahu.
  • Pepes ikan.
  • Beberapa potong buah apel/pepaya.
  • Air putih.

Makan Malam

  • Setengah piring kentang tumbuk.
  • Dada ayam rebus atau panggang.
  • Setengah cangkir brokoli kukus.
  • Secangkir smoothies pisang-kurma.
  • Air putih.

Variasikan atau gantilah menu makanan yang dikonsumsi setiap hari agar tubuh mendapat asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Jangan lupa untuk memperhatikan makanan anjuran dan pantangan bagi penderita cacar air seperti yang sudah dijelaskan di atas.

  • Cecilia Snyder, MS, RD, Healthline. 2020. What to Eat When You Have Chickenpox — and What to Avoid. Diakses Februari 2020.
  • Brynne Chandler, Livestrong. 2018. 4 Types of Food to Avoid When You Get Chicken Pox. Diakses Februari 2020.
  • Denise Baptiste, Boldsky. 2014. Foods To Avoid When You Have Chicken Pox. Diakses Februari 2020.
  • Seema Prasad, Medicaldaily. 2020. Chickenpox Facts: What To Eat And Avoid. Diakses Februari 2020.
  • Lauren Gordon, Thedailymeal. 2016. Have Chicken Pox? Foods to Eat and Avoid. Diakses Februari 2020.

Tinggalkan Komentar

#