Selain Enak, Ini Manfaat Telur Asin Bagi Kesehatan Tubuh

Tak hanya menawarkan cita rasa lezat yang menggoda lidah, nyatanya ada banyak manfaat telur asin bagi kesehatan tubuh.

Manfaat telur asin

Telur asin merupakan panganan praktis yang digemari tak hanya di Indonesia, namun di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Malaysia, Singapura dan negara-negara di Asia Timur semisal Cina dan Korea Selatan.

Biasanya, bahan utama yang digunakan untuk membuat telur asin adalah telur bebek. Proses pengolahannya sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yakni cara basah dan cara kering. Pada cara basah, telur bebek akan di rendam selama beberapa hari hingga minggu di dalam wadah berisi campuran air juga garam.

Sementara untuk cara kering, telur bebek akan dibungkus dengan adonan yang berasal dari abu gosok, batu bata merah dan juga garam. Setelah dibungkus, telur-telur bebek tersebut akan disimpan selama minimal 2 minggu di dalam kuali sebelum diolah lebih lanjut.

Kandungan gizi dan manfaat telur asin bagi kesehatan tubuh

Manfaat telur asin

Di samping menawarkan cita rasa yang khas dan menggoda lidah, telur asin yang terbuat dari telur bebek juga kaya akan kandungan gizi. Diantaranya seperti protein yang berperan sebagai komponen utama dari otot dan tulang, vitamin A yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan mata, kolin yang bermanfaat untuk kesehatan fungsi hati juga otak dan banyak lagi seperti dijelaskan berikut.

1. Kaya Akan Protein

Telur bebek yang digunakan sebagai bahan baku utama telur asin merupakan salah satu sumber protein hewani disamping daging merah, daging unggas, ikan dan susu. Dibandingkan telur bebek biasa, telur bebek yang telah diasinkan mengandung lebih banyak protein, sekitar 13,6 gr protein/100 gram telur asin.

Fungsi protein hewani yang utama adalah untuk pertumbuhan tubuh, memperbaiki sekaligus memelihara sel-sel tubuh, pembentukan berbagai enzim juga hormon serta sebagai komponen utama dari otot, tulang rawan, kulit dan lain sebagainya.

2. Baik untuk Mata

Manfaat telur asin selanjutnya terkait dengan kesehatan mata. Hal ini tak lepas dari kandungan vitamin A serta senyawa antiosikidan yakni lutein dan zeaxanthin dalam telur asin yang terbukti dapat melindungi mata dari beragam masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

3. Menjaga Kesehatan Fungsi Hati & Otak

Kolin merupakan mikronutrien penting yang terdapat dalam telur asin dan bermanfaat, terutama bagi fungsi otak dan hati. Faktanya, organ hati sangat bergantung pada asupan kolin yang cukup untuk dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Salah satu tanda tubuh mengalami defisiensi kolin adalah adanya gangguan fungsi hati. Bahkan kadar kolin dalam tubuh yang sangat rendah terkait erat dengan timbulnya penyakit hati berlemak hingga kanker hati.

Selain itu, asupan kolin dalam jumlah cukup setiap harinya diketahui bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak. Diantaranya dengan meningkatkan daya ingat dan fungsi otak serta membantu mengatasi gangguan mood seperti stres, kecemasan hingga depresi.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus menurunkan risiko terkena penyakit jantung. Salah satunya dengan mengonsumsi telur asin secukupnya.

Manfaat telur asin ini tak lepas dari kandungan asam lemak omega-3 didalamnya yang diketahui dapat membantu meredakan peradangan serta membantu menurunkan kadar trigliserida dan kadar kolesterol jahat dalam darah.

5. Mempertahankan Kepadatan & Kekuatan Tulang

Telur asin mengandung fosfor dan kalsium dalam jumlah cukup. Dua mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan sekaligus mempertahankan kesehatan tulang. Kadar fosfor dan kalsium dalam jumlah cukup di dalam tubuh juga memiliki peran vital dalam mencegah osteoporosis.

6. Merawat & Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Telur asin termasuk salah satu sumber vitamin E yang mudah ditemukan sehari-hari. Sudah mahfum diketahui bahwasanya vitamin E memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mengatasi sejumlah masalah kulit, termasuk jerawat, psoriasis dan efek penuaan akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Konsumsi saja secukupnya, jangan berlebih

Telur asin memang mengandung berbagai nutrisi, termasuk protein, lemak, vitamin dan mineral. Namun demikian, seperti yang diketahui, telur asin memiliki kadar garam yang tinggi. Bila dikonsumsi secara berlebih, alih-alih memperoleh manfaat, konsumsi telur asin justru akan mendatangkan beragam masalah kesehatan, seperti:

  • Penimbunan cairan di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kaki bengkak dan membebani kerja jantung.
  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  • Meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke dan gangguan fungsi ginjal.

Dengan demikian, konsumsilah telur asin secukupnya saja, terlebih bagi penderita masalah jantung dan kolesterol tinggi. Selain itu, konsumsilah beragam sumber makanan sehat lainnya, terutama sayur dan buah-buahan.

Tingkatkan pula aktivitas fisik dengan olahraga secara teratur, tidur cukup 7-8 jam/hari, minum air putih rata-rata 2 liter sehari serta kelola stres sebaik mungkin sebagai kunci dalam menjaga kesehatan tubuh keseluruhan.

  • P. Ganesan, T. Kaewmanee and B. S. Bahari, Ncbi.nlm.nih.gov. 2014. Comparative Study on the Nutritional Value of Pidan and Salted Duck Egg. Diakses Januari 2020.
  • Joseph McAllister, Livestrong. What Are the Benefits of Duck Eggs?. Diakses Januari 2020.
  • Meddiati Fajri Putri, Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan. Telur Asin Sehat Rendah Lemak Tinggi Protein. Diakses Januari 2020.
  • Corey Whelan, Healthline. 2018. Vitamin E and Your Skin, Friends Through Food. Diakses Januari 2020.
  • Rachael Link, MS, RD, Healthline. 2017. Is Salt Actually Bad for You?. Diakses Januari 2020.

Tinggalkan Komentar

#