Skala Nyeri – Jenis dan Cara Pengukuran Disertai Gambar

Ingin tahu seberapa hebatnya rasa sakit yang dialami? Para ahli menggunakan skala nyeri untuk mengukur berat ringannya nyeri. Yuk, pelajari caranya!

skala nyeri jenis cara menghitung

Skala nyeri adalah ukuran yang digunakan dokter untuk membantu menilai rasa sakit yang dialami oleh seorang pasien. Dokter atau paramedis menilai skala nyeri ini pada saat pasien pertama kali masuk rumah sakit, selama menjalani perawatan, menjalani terapi fisik, atau setelah operasi.

Dokter menggunakan skala nyeri ini untuk lebih memahami aspek-aspek tertentu dari rasa sakit seseorang. Beberapa aspek ini adalah durasi rasa sakit, keparahan, dan jenisnya.

Skala nyeri juga dapat membantu dokter membuat diagnosis yang akurat, membuat rencana perawatan, dan mengukur efektivitas perawatan. Skala nyeri berlaku untuk orang-orang dari segala usia, dari bayi baru lahir hingga manula, serta orang-orang dengan keterampilan komunikasi yang lemah.

Jenis-Jenis Skala Nyeri, Kegunaan, dan Cara Penilaiannya

Secara garis besar ada dua alat penilaian skala nyeri, yaitu unidimensional (tunggal) dan multidimensional.

Unidimensional digunakan untuk mengukur intensitas nyeri akut atau yang baru muncul. Skala nyeri ini juga biasa digunakan untuk evaluasi pemberian obat antinyeri (analgetik).

Sedangkan untuk skala nyeri multidimensional, digunakan untuk mengukur intensitas dan afektif (unpleasantness) nyeri. Umumnya diaplikasikan untuk nyeri kronis yang sudah berlangsung lama.

Pada kesempatan kali ini, kita bahas skala nyeri unidimensional karena yang paling sering digunakan. Dalam kategori ini, ada empat jenis cara mengukur skala nyeri:

1. Visual Analog Scale (VAS)

Visual analog scale (VAS) adalah cara menilai skala nyeri yang paling banyak digunakan. Begitu sederhana, alat ukurnya berupa garis sepanjang 10 cm yang tercetak pada selembar kertas.

Di sepanjang garis tersebut disertai tanda pada setiap sentimeternya yang merupakan tanda dari gradasi tingkat nyeri yang dialami pasien. Ada pula yang tidak ada tanda di setiap sentimeternya, yang terpenting rentangnya 10 cm.

Pasien diminta untuk menandai di titik mana tingkat rasa sakit yang dialami. Dimana ujung sebelah kiri ditandai sebagai tidak ada rasa sakit dan ujung sebelah kanan merupakan rasa paling sakit.

skala nyeri VAS

Gambar skala nyeri visual analog scale (VAS)

Jika seseorang memberikan tanda yang semakin mendekat ke ujung kanan, berarti sakitnya semakin berat. Begitu pula sebaliknya, sakit ringan berarti tidak jauh dari ujung kiri.

Dalam hal ini, pasien atau orang yang akan diperiksa diinformasikan terlebih dahulu hingga paham. Oleh sebab itu, skala nyeri ini hanya untuk anak di atas 8 tahun dan dewasa. Tidak cocok bagi orang yang memiliki gangguan kesadaran dan konsentrasi, misalnya pasca operasi.

2. Numeric Rating Scale

Cara mengukur skala nyeri dengan Numeric Rating Scale juga terbilang sederhana dan mudah. Bahkan lebih mudah dimngerti dibanding VAS karena pada garis yang digunakan sudah diberikan angka 0 sampai 10.

skala nyeri NRS

Gambar skala nyeri NRS

Angka 0 berarti tidak ada rasa sakit, dan angka 10 adalah yang paling sakit. Berikut daftar lengkapnya:

  • Skala 0 berarti tidak ada nyeri sama sekali
  • Skala 1-3 berarti nyeri ringan (masih bisa ditahan, tidak sampai mengganggu aktifitas)
  • Skala 4-6 berarti Nyeri Sedang (sudah mulai mengganggu aktifitas)
  • Skala 7-10 berarti Nyeri Berat (sampai tidak bisa melakukan aktifitas fisik secara mandiri)

Skala nyeri NRS ini lebih baik daripada VAS terutama untuk menilai nyeri akut. Namun, memiliki keterbatasan pilihan kata untuk menggambarkan rasa nyeri, tidak memungkinkan untuk membedakan tingkat nyeri dengan lebih teliti dan dianggap terdapat jarak yang sama antar kata yang menggambarkan efek analgesik.

3. Verbal Rating Scale (VRS)

Berbeda dengan VAS dan NRS, Verbal Rating Scale (VRS) adalah skala ordinal, yakni menggunakan 4-6 kata sifat yang menggambarkan tingkat intensitas rasa sakit.

Skala nyeri verbal rating

Skala nyeri verbal rating scale

Dalam menggambarkan tingkat nyeri, digunakan kata-kata berurutan dari kiri ke kanan, seperti:

  • tidak nyeri (no pain) pada ujung kiri akhir skala
  • nyeri ringan
  • nyeri sedang (tidak menyenangkan)
  • nyeri berat (menyedihkan)
  • nyeri sangat berat (mengerikan)
  • nyeri paling berat (menyiksa).

Cara mengukur skala nyeri ini, pasien diminta untuk memilih kata yang menggambarkan tingkat nyeri yang dirasakan.

4. FACES Pain Scale (FPS)

Sesuai dengan namanya, skala nyeri FPS terdiri dari serangkaian enam sampai sampai tujuh gambar wajah dengan ekspresi atau emticon yang menunjukkan berat ringannya rasa sakit. Dimulai dari wajah tersenyum bahagia sampai sedih berlinang air mata.

Metode pengukuran skala nyeri ini digunakan untuk pasien anak dan pemeriksa yang menentukannya. Setiap tampilan ekspresi wajah menunjukan hubungan yang erat dengan nyeri yang dirasakan, termasuk alis turun kebawah, bibir diketatkan/pipi dinaikkan, kerutan hidung/bibir dinaikkan, dan mata tertutup.

Skala nyeri menurut Wong-Baker FACES ini merupakan alat pengukuran intensitas nyeri yang diakui dan sering digunakan pada pasien anak.

Versi terbaru dari FPS adalah Faces Pain Scale-Revised (FPS-R) menampilkan gambar enam wajah yang disajikan berjajar horizontal.

Skala nyeri FACES

Skala nyeri FACES

Penilaian Skala nyeri ekspresi wajah, Wong-Baker FACES:

  • Wajah Pertama 0 : tidak ada rasa sakit sama sekali.
  • Wajah Kedua 2: Sedikit sakit.
  • Wajah Ketiga 4: Lebih sakit dan agak mengganggu aktifitas.
  • Wajah Keempat 6: Jauh lebih sakit dan mengganggu aktifitas.
  • Wajah Kelima 8: Sangat sakit dan sangat mengganggu aktifitas.
  • Wajah Keenam 10: Sangat sakit tak tertahankan sampai-sampai menangis

Meskipun FPS awal mulanya dirancang untuk digunakan pada anak, namun penelitian yang terbaru telah dievalusi sehingga dapat digunakan juga pada pasien dewasa khususnya pada pasien dengan gangguan nonverbal, gangguan kognitif, atau memiliki hambatan bahasa. 

  • Erica cirino, healthline. 2019. Pain Scale. Diakses pada Januari 2020.
  • Hawker GA, et al. 2011. Measures of adult pain: Visual analog scale for pain (VAS pain), numeric rating scale for pain (NRS pain). Diakses pada Januari 2020.
  • I Kadek Riyandi, UNUD. 2017. Penilaian Nyeri. Diakses pada Januari 2020.
  • Wongbakerfaces.org. 2016. Wong-Baker FACES Pain Rating Scale. Diakses pada Januari 2020.

Tinggalkan Komentar

#