Tips Agar Cepat Haid Bagi yang Belum Pernah Menstruasi

Menstruasi yang tak kunjung datang meski sudah masuk masa pubertas menimbulkan kekhawatiran. Ketahui penyebab dan tips agar cepat haid berikut.

Tips agar cepat haid bagi yang belum pernah menstruasi

Pada umumnya, anak perempuan akan mengalami menstruasi pertamanya (menarche) saat berusia 9-16 tahun, dengan usia rata-rata 12 tahun. Di mana saat itu, akan dijumpai pula tanda-tanda pubertas, seperti tumbuhnya rambut di kemaluan dan pertumbuhan payudara.

Akan tetapi, dalam beberapa kasus tak jarang dijumpai seorang anak perempuan yang belum juga mendapatkan menstruasi meski ia sudah memasuki masa pubertas. Kondisi yang demikian ini disebut dengan amenore primer. Dimana menstruasi tak juga datang meski sudah berusia 16 tahun.

Apa Saja Penyebab yang Melatarbelakanginya?

Terjadinya amenore primer atau belum pernah haid sama sekali dapat disebabkan oleh berbagai alasan, diantaranya:

  • Ketidakseimbangan hormon.
  • Masalah pada organ reproduksi.
  • Berat badan kurang atau berlebih.
  • Overtraining¬†atau olahraga yang terlampau berlebihan.
  • Stres yang berlarut-larut dalam jangka panjang.
  • Kondisi medis tertentu, seperti menderita gangguan makan, gangguan genetik atau kelainan kromosom, tumor di kelenjar pituitari atau kelenjar tiroid dan berbagai kondisi medis lainnya.

Adakah Tips agar Cepat Haid Bagi yang Belum Pernah Menstruasi?

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa ada begitu banyak faktor penyebab yang menjadi alasan mengapa meski sudah memasuki usia remaja namun menstruasi belum juga datang.

Oleh karena itu, untuk mencari penyebab pasti dan penanganan terbaik maka sebaiknya segera konsultasikan dan periksakan diri langsung pada dokter ahli. Dalam hal ini, yakni dokter spesialis kebidanan dan kandungan (spesialis obsetri & ginekologi/SpOG).

Kendati demikian, ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk membantu mengatasi persoalan ini. Beberapa diantaranya yakni:

1. Terapkan diet kesuburan

Diet kesuburan (fertility diet) menjadi salah satu tips agar cepat haid yang dapat dicoba untuk membantu merangsang ovulasi. Pelaku diet ini diharuskan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak sehat, memperbanyak asupan protein nabati dan makanan yang tergolong karbohidrat kompleks.

Selain itu, diharuskan pula untuk menghindari berbagai jenis makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans karena dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, serta membatasi konsumsi protein hewani, terutama daging merah.

Baca juga: Makanan Anti Kanker & Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

2. Olahraga secara teratur & secukupnya

Seperti yang diketahui, berat badan yang berlebih dapat berdampak buruk pada keseimbangan hormon di dalam tubuh sehingga memicu timbulnya gangguan menstruasi. Baik itu siklus menstruasi yang menjadi tidak beraturan maupun haid yang belum pernah didapatkan sama sekali.

Oleh karenanya, penting untuk melakukan aktivitas fisik dan berolahraga secara rutin, yakni rata-rata 30 menit setiap hari. Jangan terlampau berlebih, karena justru dapat berdampak buruk bagi tubuh – seperti pada atlet wanita yang overtraining yang sering mengalami gangguan menstruasi.

3. Minimalkan tingkat stres

Pada masa remaja, timbulnya stres seringkali dipicu oleh beragam faktor, terutama dari kondisi keluarga, lingkungan pergaulan, kehidupan sekolah, kondisi fisik dan asmara.

Memang, dalam hidup datangnya masalah dan stres tidak dapat dihindari. Namun demikian, hal itu dapat dikelola dengan sebaik mungkin agar tidak sampai merusak kesehatan dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Caranya dengan melakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan, curhat pada teman atau orang tua untuk mengeluarkan keluh kesah, memperbanyak ibadah dan berbagai hal positif lainnya yang dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

4. Konsumsi vitamin C & rempah

Vitamin C disinyalir dapat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron pada tubuh wanita. Kondisi ini berperan dalam kontraksi rahim guna meluruhkan lapisan dinding rahim (endometrium) yang kemudian menjadi darah menstruasi.

Sumber utama vitamin C berasal dari buah-buahan dan sayuran, seperti jeruk, nanas, jambu, stroberi, bayam, cabai dan banyak lagi. Selain itu, konsumsi pula berbagai rempah, seperti kunyit, jahe, kayu manis dan lainnya yang baik bagi kesuburan wanita dan kesehatan tubuh keseluruhan lantaran kaya akan antioksidan dan nutrisi penting lain.

Beberapa Tips Penting Lainnya

Di samping beberapa hal di atas, ada sejumlah kiat lain yang perlu diterapkan untuk membantu merangsang terjadinya menstruasi, yaitu:

  • Konsumsi makanan bergizi secara teratur. Bila mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia, segera konsultasikan pada dokter ahli.
  • Cukup istirahat dan penuhi kebutuhan tidur selama 7-9 jam/hari. Tinggalkan kebiasaan begadang atau sering tidur larut malam.
  • Minum air putih rata-rata 2 liter atau 8 gelas sehari.
  • Batasi aktivitas fisik yang berat.
  • Capai dan pertahankan berat badan ideal.
  • Jaga kebersihan organ intim.
  • Hindari penggunaan pakaian yang ketat.

Itulah beragam tips agar cepat haid yang dapat diterapkan bagi yang belum pernah menstruasi. Sekali lagi, untuk mengetahui penyebab pasti dan penanganan terbaik dari keluhan yang dialami, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Jadi, bersegeralah untuk melakukan pemeriksaan.

  • Mary Ellen Ellis, Healthline. 2020. No Menstruation (Absent Menstruation). Diakses Oktober 2020.
  • The Healthline Editorial Team. Healthline. 2018. Why Is My Period Late: 8 Possible Reasons. Diakses Oktober 2020.
  • Becky Young, Healthline. 2019. 12 Natural Ways to Induce a Period. Diakses Oktober 2020.
  • Steven Dowshen, MD, Kidshealth. 2018. I'm 14 and I Don't Have My Period Yet. Is This Normal?. Diakses Oktober 2020.
  • Rachel Gurevich, RN, Verywellfamily. 2020. Fertility Foods to Boost Your Odds of Conception. Diakses Oktober 2020.
  • Nicole Galan, Medicalnewstoday. 2019. How can you make your period come faster?. Diakses Oktober 2020.
  • Korin Miller, Self. 2018. Is There Any Reliable Way to Make Your Period Come Faster?. Diakses Oktober 2020.

Tinggalkan Komentar

#