Manfaat Asam Folat untuk Pria, Tak Kalah Penting Dibanding Ibu Hamil

Banyak yang menganggap bahwa asam folat hanya dibutuhkan untuk ibu hamil, namun nyatanya ada banyak manfaat asam folat untuk pria.

Manfaat asam folat untuk pria

Asam folat dan folat adalah bentuk dari vitamin B9, jenis vitamin yang larut dalam air. Asam folat merupakan versi sintetis dari vitamin B9 yang tersedia dalam bentuk suplemen atau pada produk makanan yang telah difortifikasi asam folat seperti sereal, jus jeruk, dll.

Sementara folat merupakan bentuk alami dari vitamin B9 yang dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan, baik nabati maupun hewani. Misalnya seperti sayuran berdaun hijau, buah-buahan, telur, hati sapi dan banyak lagi. Selengkapnya baca: Makanan yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Bagi wanita, terutama yang sedang berbadan dua, manfaat asam folat sudah begitu masyhur dikenal banyak orang, khususnya untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Sedangkan untuk pria, kebutuhan asupan folat kurang begitu diperhatikan. Padahal, manfaatnya tak kalah penting, terutama untuk meningkatkan kualitas sperma.

Berikut beragam manfaat asam folat untuk pria yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Fertility & Sterility, diketahui bahwasanya asupan folat atau asam folat dalam jumlah cukup setiap harinya dapat membantu meningkatkan jumlah sperma dan kualitas sperma pada pria.

Temuan ini tentu menjadi kabar baik bagi para pria yang telah lama merindukan untuk menjadi sosok seorang ayah. Namun perlu diketahui, hasil temuan yang positif ini dilakukan oleh para pria sehat yang tidak merokok.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Para ahli kesehatan berpendapat bahwa pria memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit jantung, terutama saat usianya mencapai 40 tahun, dibandingkan wanita. Salah satu alasannya adalah karena pria memiliki lebih sedikit hormon estrogen daripada wanita. Ditambah lagi perokok pria yang jauh lebih banyak ketimbang wanita.

Untuk membantu menjaga kesehatan jantung sekaligus menekan risiko terserang penyakit jantung, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan folat/asam folat setiap harinya.

Hal ini tak lepas dari manfaat folat yang dapat menurunkan kadar homosistein dalam darah. Homosistein sendiri merupakan jenis asam amino yang berkontribusi besar pada pembentukan gumpalan darah dan penyempitan pembuluh darah jika kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat asam folat untuk pria selanjutnya adalah untuk membantu meningkatkan fungsi kognitif. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan kaitan erat antara kadar folat yang rendah dengan timbulnya gangguan fungsi kognitif pada orang tua.

Kesimpulannya, dengan memperbanyak asupan folat/asam folat dan vitamin B12 diketahui secara efektif mampu meningkatkan fungsi kognitif pada orang dewasa yang lebih tua sekaligus dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan patologi demensia lainnya.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Menurut sebuah ulasan yang dipublikasikan oleh Department of Medicine at St. Michael’s Hospital, dengan mencukupi kebutuhan folat harian baik lewat sumber makanan alami maupun suplemen dapat membantu mengurangi risiko dari beberapa jenis kanker, seperti kanker pankeas, kanker payudara, kanker kolorektal dan kanker kerongkongan. Namun, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk semakin memperkuat temuan ini.

5. Meringankan Gejala Sindrom Kaki Gelisah

Sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome) adalah penyakit saraf yang ditandai dengan sensasi ketidaknyamanan yang menciptakan dorongan kuat untuk menggerakkan kaki, terutama pada malam hari. Sensasi tersebut dapat berupa rasa geli, gatal, kesetrum, kesemutan atau terasa seperti ada yang bergerak merayap di bawah kulit sekitar kaki dan betis.

Kondisi ini sendiri belum dapat disembuhkan, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu meringankan gejalanya. Termasuk diantaranya dengan mengonsumsi suplemen asam folat, kompres kaki dengan air hangat serta olahraga secara teratur dan relaksasi untuk menghilangkan stres.

6. Mencegah Anemia

Dengan mencukupi kebutuhan asam folat, vitamin B12 dan zat besi maka akan mampu mencegah anemia. Hal ini tak lepas dari peranan ketiga zat nutrisi tersebut dalam proses produksi sel-sel darah merah yang sehat.

Itulah beberapa manfaat asam folat untuk pria yang tak kalah pentingnya dibandingkan wanita. Untuk memperoleh semua manfaat tersebut, maka penuhilah kebutuhan folat harian – rata-rata sebesar 400 mcg/hari untuk pria dewasa, terutama dengan mengonsumsi beragam makanan tinggi folat.

Bila ingin mengonsumsi suplemen, maka disarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter agar dosisnya dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Ingat, untuk menjauhi konsumsi minuman beralkohol dan merokok karena keduanya dapat mengganggu penyerapan folat di dalam tubuh.

  • Erica Julson, MS, RDN, CLT, Healthline. 2018. Folic Acid: Everything You Need to Know. Diakses Maret 2020.
  • Rachel Gurevich, Verywellfamily. 2019. The Importance of Folic Acid in Female and Male Fertility. Diakses Maret 2020.
  • Rachael Link, MS, RD, Draxe. 2018. Top 10 Folic Acid Foods to Boost Folate Levels. Diakses Maret 2020.
  • Emily Shiffer, Menshealth. 2018. What Is Folic Acid, and Should You Be Taking It?. Diakses Maret 2020.
  • Bazian, Nhs. 2018. Folic acid ’boosts sperm’. Diakses Maret 2020.

Tinggalkan Komentar

#