Beragam Manfaat Bee Pollen yang Begitu Mengagumkan

Ada banyak manfaat bee pollen yang begitu mengagumkan, yuk simak selengkapnya.

Manfaat bee pollen

Bee pollen adalah serbuk sari lebah yang terbentuk dari campuran serbuk sari, air liur lebah, nektar dan madu. Menurut banyak penelitian, diketahui bahwa bee pollen mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, termasuk vitamin, mineral, protein, asam lemak, enzim, karotenoid dan bioflavonoid.

Kesemua nutrisi tersebut menjadikan bee pollen sebagai agen antibakteri, antijamur dan antivirus yang berkhasiat dalam membantu memperkuat pembuluh darah kapiler, mengurangi peradangan, merangsang sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Saking hebatnya, hingga membuat Kementerian Kesehatan Federal Jerman secara resmi mengakui bee pollen sebagai obat. Fakta menarik lainnya, ternyata bee pollen juga mengandung lebih banyak protein dan asam amino dibanding sumber hewani mana pun, termasuk telur maupun daging sapi dalam berat yang sama.

Berikut beberapa manfaat bee pollen bagi kesehatan tubuh

1. Sarat akan Antioksidan

Bee pollen dibekali dengan berbagai senyawa antioksidan seperti flavonoid, karoten, quercetin, kaempferol dan glutathione yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang terkait dengan penyakit kronis, termasuk kanker, diabetes tipe-2 dan penyakit jantung.

2. Menurunkan Kolesterol

Bagi yang bermasalah dengan kolesterol tinggi, cobalah untuk mulai mengonsumsi bee pollen secara rutin.

Pasalnya, pada dua penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients di tahun 2017 dan  jurnal Molecules di tahun 2018, diketahui bahwasanya bee pollen memiliki khasiat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta kadar kolesterol total.

3. Memperkuat Imunitas Tubuh

Manfaat bee pollen lainnya yang tak kalah penting adalah kemampuannya untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Seperti yang diketahui, sistem imun yang kuat memegang peranan vital dalam mencegah maupun mempercepat penyembuhan penyakit.

Oleh karena itu, penting untuk terus mempertahankan maupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara yang dapat dilakukan, yakni dengan mengonsumsi bee pollen yang memiliki sifat antimikroba, antijamur juga antivirus.

4. Mempercepat Penyembuhan Luka

Bee pollen dapat digunakan sebagai obat topikal rumahan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, baik luka lecet, luka sayat dan luka bakar ringan.

Hal ini berkat senyawa anti-inflamasi, antioksidan dan analgesik yang dimiliki bee pollen. Selain itu, aktivitas antimikroba pada bee pollen juga efektif untuk mencegah infeksi pada luka yang dialami.

Baca juga: Pertolongan Pertama Tersiram Air PanasPertolongan Pertama Kena Minyak Panas

5. Membantu Meredakan Stres

Manfaat bee pollen juga dapat dirasakan bagi yang sedang dilanda stres akibat beban pikiran yang berat. Dengan semua nutrisi yang terkandung didalamnya, bee pollen diketahui berkhasiat dalam meningkatkan pasokan darah ke jaringan saraf, meningkatkan kapasitas mental serta membantu memperkuat sistem saraf yang dilemahkan oleh stres.

6. Meringankan Gejala Menopause

Menopause yang menandai akhir dari usia reproduktif wanita seringkali disertai dengan timbulnya gejala ketidaknyamanan seperti hot flushes, keringat berlebih di malam hari, perubahan susasana hati dan gangguan tidur.

Kabar baiknya, sejumlah studi menunjukkan, sekitar 65% wanita yang mengonsumsi suplemen bee pollen melaporkan adanya perbaikan dari gejala menopause. Diantaranya seperti peningkatan kualitas tidur, penurunan iritabilitas atau perasaan mudah marah/mudah tersinggung dan berkurangnya nyeri sendi yang dialami.

Manfaat lain bee pollen & pantangan konsumsinya

Beberapa manfaat bee pollen lainnya diantaranya yakni:

  • Mengurangi tingkat kekambuhan dan keparahan alergi.
  • Menjaga kesehatan organ hati sekaligus membantu proses penyembuhan kerusakan hati.
  • Membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Bila tertarik dengan kesemua manfaat bee pollen tersebut, maka cobalah untuk mengonsumsi bee pollen secara teratur. Di pasaran, bee pollen dapat diperoleh dalam bentuk granul maupun serbuk. Pastikan membeli produk yang terjamin keasliannya.

Perhatikan, bila memiliki alergi terhadap produk lebah atau sedang mengonsumsi obat warfarin, sebaiknya hindari konsumsi bee pollen. Selalu konsultasikan pada dokter terlebih dahulu bila ingin mengonsumsi suplemen tertentu agar mendapat petunjuk pemakaian yang aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh.

  • Christine Ruggeri, CHHC, Draxe. 2020. Top 8 Bee Pollen Benefits (No. 7 Is Remarkable). Diakses Maret 2020.
  • Erica Cirino, Healthline. 2017. How Nutritious Is Bee Pollen Exactly?. Diakses Maret 2020.
  • Ryan Raman, MS, RD, Healthline. 2018. Top 11 Health Benefits of Bee Pollen. Diakses Maret 2020.
  • Cathy Wong, Verywellhealth. 2019. The Health Benefits of Bee Pollen. Diakses Maret 2020.

Tinggalkan Komentar

#