Susah Kentut? Inilah Cara Agar Bisa Kentut dengan Aman

Bingung dan khawatir karena gak bisa kentut? Coba ikuti cara agar bisa kentut berikut ini.

cara agar bisa kentut

Kentut sering dianggap remeh dan di cap sebagai sesuatu yang kotor, apalagi bila bau yang dikeluarkan sangat tidak mengenakkan. Namun terlepas dari soal etika dan apapun itu, kentut – selama tidak berlebihan dan tidak disertai pula dengan keluhan lainnya, adalah pertanda tubuh sehat dan menjadi satu anugerah yang patut disyukuri.

Pasalnya, bila tidak bisa dikeluarkan dan tertahan di usus besar, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan hingga tak menutup kemungkinan dapat berujung pada masalah serius seperti terjadinya volvulus yang bisa mengarah pada obstruksi usus.

Bahkan, kedatangan kentut pun menjadi momen yang sangat dinantikan oleh setiap orang usai menjalani operasi. Lantaran dalam kondisi seperti ini, kehadiran kentut menandai bahwa organ pencernaan sudah kembali ke keadaan normalnya – tak lagi terpengaruh oleh obat bius.

Bagi yang sedang bermasalah dengan susah kentut, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan. Diantaranya dengan konsumsi makanan tinggi serat dan sulfur serta melakukan sejumlah gerakan agar bisa kentut seperti squat dan yoga.

Pilihlah satu atau beberapa cara agar bisa kentut berikut:

cara agar bisa kentut

1. Konsumsi Makanan Pemicu Kentut

Cara mengatasi tidak bisa kentut yang pertama dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang memicu terbentuknya gas di dalam perut. Pilihannya antara lain:

  • Makanan tinggi serat dan sulfur, termasuk diantaranya seperti brokoli, kubis, kembang kol, kacang-kacangan, bawang putih, telur, buah-buahan kering, daging merah dan lain sebagainya.
  • Permen karet bebas gula dan minuman berkarbonasi yang mengandung gula alkohol (sorbitol, xylitol, manitol dan erythritol).
  • Makanan yang mengandung laktosa seperti susu sapi dan produk turunannya.
  • Makanan yang mengandung gluten seperti mie dan roti yang terbuat dari tepung gandum atau tepung terigu.
  • Sirup jagung tinggi fruktosa.

2. Menelan Udara Melalui Mulut

Metode lain yang patut dicoba biar bisa kentut yakni dengan menghirup dan menelan udara sebanyak mungkin melalui mulut. Caranya, duduk tegak di permukaan yang nyaman. Lalu, hirup udara dengan cepat sebanyak mungkin dalam hitungan 5 detik dan telan sembari mengejan mencoba mendorong udara keluar.

Bernapas dengan cepat seperti metode tersebut akan memaksa udara berlebih masuk ke dalam lambung, kemudian menuju ke usus hingga berakhir keluar melalui anus. Ulangi terus cara ini selama beberapa kali hingga berhasil kentut.

3. Lakukan Gerakan Squat

Selain bermanfaat untuk mengencangkan otot paha dan bokong, gerakan squat juga dapat membantu menyingkirkan penumpukan gas berlebih sekaligus mengurangi ketegangan pada otot-otot usus. Oleh karena itu, squat menjadi salah satu pilihan gerakan agar bisa kentut yang dapat dilakukan.

Untuk melakukan gerakan squat yang benar, pertama ambil posisi jongkok 90 derajat. Pastikan posisi punggung rata dan bertumpulah pada tumit bukan jari-jari kaki. Letakkan kedua tangan di paha atau posisikan lurus ke depan. Lantas, lakukan gerakan jongkok dan berdiri selama beberapa kali. Lakukan saja dengan santai tanpa terburu-buru.

4. Berikan Pijatan Lembut

Memijat perut dengan lembut merupakan salah perawatan non-invasif yang memiliki efek relaksasi dan penyembuhan terkait masalah pencernaan, termasuk perut kembung dan gak bisa kentut.

Mudah saja untuk melakukan pijatan agar cepat kentut ini. Pertama, berbaringlah telentang dengan perut yang terbuka. Oleskan minyak kayu putih atau minyak esensial lainnya, lalu gosokkan secara merata. Awali pijatan dengan memijat seluruh area perut searah jarum jam selama beberapa kali.

Lanjutkan dengan memberi pijatan yang dimulai dari area bawah tulang dada dan berakhir di tulang kemaluan. Lalu, pijat secara bersamaan dari arah pusar ke sisi kanan dan kiri perut. Terakhir, tutup dengan berfokus pada memberikan sedikit tekanan di area pusar dan sekitarnya dengan jari-jari. Lakukan berulang kali tahap demi tahap selama sekitar 20 menit.

5. Praktikkan Pose Yoga

Beberapa gerakan atau pose yoga terbukti dapat meningkatkan kesehatan saluran pencernaan sekaligus mengurangi penumpukan gas yang ada di dalam saluran cerna. Karena itu, tak heran banyak yang memanfaatkan yoga sebagai cara mengatasi tidak bisa kentut.

Beberapa pilihan pose yoga yang sederhana dan dapat dipraktikkan agar bisa kentut diantaranya:

  • Pawanmuktasana.
  • Balasana.
  • Paschimottanasana.
  • Supta Matsyendrasana.
  • Ananda Balasana.

Itulah sejumlah cara agar bisa kentut yang dapat dilakukan dengan mudah kapanpun dimanapun. Bila sudah menerapkan beberapa cara di atas namun tak juga berhasil, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar mendapat solusi terbaik sesuai penyebab yang mendasarinya.

    • Emily Cronkleton, Healthline. 2017. How to Fart. Diakses Januari 2020.
    • Jon Johnson, Medicalnewstoday. 2018. How to make yourself fart. Diakses Januari 2020.
    • Tony Rehagen, Webmd. 2018. The Truth About Gas. Diakses Januari 2020.
    • Amber J. Tresca , Verywellhealth. 2019.¬†4 Moves to Relieve Gas. Diakses Januari 2020.

#