Cara Mengeluarkan Batu Ginjal Secara Alami

Ada beragam cara mengeluarkan batu ginjal secara alami yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

cara mengeluarkan batu ginjal

Batu ginjal adalah massa keras menyerupai batu yang terbentuk akibat dari banyaknya konten limbah di dalam urine dan kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Meski identik dengan usia parah baya, kini batu ginjal rentan menyerang anak muda lantaran kebiasaan makan dan minum yang buruk.

Saat masih berukuran kecil dan tertahan di dalam ginjal, batu ginjal mungkin tidak menimbulkan gejala berarti. Namun, bila sudah berukuran cukup besar atau batu ginjal kecil tersebut bergerak keluar dari ginjal melewati ureter, maka dapat menimbulkan keluhan mulai dari yang ringan hingga nyeri hebat. Baca: Tanda dan Gejala Batu Ginjal yang Perlu Dikenali

Untuk membantu menghilangkan batu ginjal yang berukuran kecil, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan. Diantaranya dengan memperbanyak minum air putih menjadi 12 gelas/hari, minum air perasan lemon di pagi dan malam hari, mengonsumsi jus seledri dan banyak lagi.

Berikut uraian lengkap seputar cara mengeluarkan batu ginjal secara alami

Sebelum menerapkan sejumlah cara mengobati batu ginjal ini, ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, terutama untuk penderita batu ginjal yang memiliki masalah kesehatan lainnya atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

1. Minum Banyak Air Putih

Cara termudah untuk menghilangkan batu ginjal yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih. Setiap hari usahakan untuk minum 12 gelas air putih – dari yang biasanya 8 gelas. Minum lebih banyak lagi bila tingkat aktivitas fisik yang dilakukan juga cukup tinggi.

2. Air Perasan Lemon

Buah berwarna kuning cerah ini mengandung vitamin C yang tinggi serta asam sitrat yang dapat membantu memecah batu ginjal menjadi berukuran lebih kecil sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Potong lemon segar menjadi beberapa bagian, kemudian peras hingga mendapatkan banyak airnya. Tambahkan dengan segelas air putih hangat dan minumlah secara rutin setiap hari, di waktu pagi dan malam hari menjelang tidur.

3. Jus Seledri

Selain sebagai pelengkap masakan, seledri ternyata memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Salah satunya yakni sebagai pencegah dan peluruh batu ginjal berkat kandungan berbagai senyawa antioksidan didalamnya yang dapat membantu melancarkan buang air kecil dan menghilangkan gejala hematuria.

Untuk memperoleh manfaatnya, sayuran untuk penderita batu ginjal ini dapat diolah menjadi jus. Cara buatnya sederhana, cukup campurkan 2 batang seledri yang telah di cuci bersih dengan segelas air putih ke dalam blender, lalu blender hingga cukup halus. Saring dahulu sebelum dinikmati.

Perhatikan!

Ramuan ini tidak boleh diminum oleh orang dengan beberapa kondisi yakni, gangguan perdarahan, tekanan darah rendah, hendak menjalani operasi atau sedang mengonsumsi obat-obatan seperti levothyroxine, lithium, obat-obatan yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari (seperti isotretinoin) dan obat penenang (seperti alprazolam).

4. Cuka Sari Apel

Cara mengobati batu ginjal secara alami selanjutnya yakni dengan memanfaatkan cuka sari apel. Cuka yang terbuat dari hasil fermentasi jus apel ini mengandung asam asetat yang dapat membantu melarutkan batu ginjal sekaligus membantu meringankan keluhan ringan yang dialami.

Campurkan 2 sdm cuka sari apel dengan segelas air putih, minumlah setiap hari maksimal segelas/hari. Bagi yang sedang mengonsumsi obat-obatan seperti insulin, digoxin dan diuretik disarankan untuk berkonsultasi dahulu pada dokter sebelum meminum ramuan penghancur batu ginjal ini.

5. Jus Delima

Buah delima memiliki sifat astringen dan antioksidan yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat keasaman urine dan membantu menghilangkan batu ginjal serta berbagai limbah lainnya dari dalam ginjal.

Ambil sari buah delima dengan cara memasukkan semua biji dari satu buah delima segar ke dalam blender. Tambahkan segelas air dan sedikit madu, lalu blender hingga halus. Sebelum diminum, saring dahulu dengan saringan kain atau saringan teh.

6. Kaldu Kacang Merah

Kacang merah kaya akan magnesium, senyawa yang berperan sebagai inhibitor batu ginjal dan dapat mengurangi kadar oksalat dalam urine. Untuk membuat kaldu kacang merah, ada beberapa langkah yang perlu dipersiapkan, antara lain:

  • Siapkan ½ kg kacang merah yang segar dan bagus – ditandai dengan permukaan yang licin, tidak berkerut dan berlubang.
  • Rendam kacang merah semalaman.
  • Angkat, tiriskan dan cuci bersih sekali lagi.
  • Masukkan ke dalam panci berukuran sedang, tambahkan air hingga terendam.
  • Rebus kacang merah kurang lebih selama 1-2 jam di atas api kecil.

Minum air hasil rebusan kacang merah tersebut setiap hari dan konsumsilah kacang merahnya sebagai camilan yang menyehatkan sekaligus mengenyangkan.

Beberapa bahan alami lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai ramuan penghancur batu ginjal diantaranya yakni tanaman horsetail (Equisetum arvense), wheatgrass atau rumput gandum, akar dandelion dan minyak zaitun ekstra virgin (extra-virgin olive oil).

Bila batu ginjal yang dialami berhasil keluar atau disembuhkan, maka lakukan upaya pencegahan agar kondisi ini tak lagi terulang. Beberapa caranya yakni dengan memperbanyak minum air putih, membatasi konsumsi makanan yang berasal dari protein hewani, mengurangi asupan garam dan lainnya seperti dijelaskan berikut: 5 Tips Penting Mencegah Batu Ginjal

  • Mayo Clinic Staff, Mayoclinic. 2019. Kidney stones, symptoms & causes. Diakses Januari 2020.
  • Matthew Solan, Health.harvard.edu. 2018. 5 things that can help you take a pass on kidney stones. Diakses Januari 2020.
  • Emily Cronkleton, Healthline, 2018.Home Remedies for Kidney Stones: What Works?. Diakses Januari 2020.
  • Jennifer Huizen, Medicalnewstoday. 2017. Thirteen natural home remedies for kidney stones. Diakses Januari 2020.
  • Emily Cronkleton, Healthline. 2018. Can Apple Cider Vinegar Treat Kidney Stones?. Diakses Januari 2020.

Tinggalkan Komentar

#