Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya

Pusing dengan bau mulut yang sukar diatasi? Inilah cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya yang dapat diterapkan.

cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya

Bau mulut (halitosis) merupakan salah satu masalah yang cukup sering dijumpai di tengah masyarakat. Tak peduli seatraktif apa paras orang tersebut, bila bau mulutnya sangat menyengat maka banyak orang enggan mendekati.

Minder dan seakan rendah diri sudah barang tentu menghinggapi mereka yang memiliki ‘kutukan’ bau napas tak sedap terus-menerus. Lantas, bagaimana caranya agar dapat terbebas dari ‘kutukan’ memalukan semacam ini?

Simak Cara Menghilangkan Bau Mulut untuk Selamanya Berikut:

1. Cari tahu dulu apa penyebabnya

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan mencari tahu dulu apa penyebab yang mendasari timbulnya bau mulut tersebut. Ada berbagai macam penyebabnya, antara lain:

  • Kebersihan mulut dan gigi yang buruk.
  • Gemar mengonsumsi makanan berbau tajam.
  • Memiliki kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau kunyah.
  • Mulut kering (xerostomia).
  • Penggunaan behel atau gigi palsu yang tidak tepat atau kurang terjaga kebersihannya.
  • Memiliki masalah kesehatan tertentu. Seperti GERD, infeksi pada hidung, mulut atau tenggorokan serta penyakit seperti diabetes, gangguan ginjal, hati, dan lainnya.

Selengkapnya baca: Penyebab Bau Mulut, Bukan Hanya Karena Malas Gosok Gigi

Untuk mencari tahu penyebab pasti yang mendasari, disarankan untuk berkonsultasi langsung pada dokter gigi. Terlebih, bila masalah ini sudah berlangsung cukup lama dan tak kunjung teratasi.

2. Jaga kebersihan mulut & gigi dengan rutin

Bila sudah tahu penyebab yang mendasari, maka cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya yang selanjutnya harus dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan mulut juga gigi secara rutin.

Pertama, sikatlah gigi 2 kali sehari, yakni pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Lanjutkan dengan melakukan flossing menggunakan benang gigi, membersihkan lidah dan berkumur dengan mouthwash yang bebas alkohol.

3. Rajin berkumur setelah makan

Pastikan untuk segera berkumur-kumur dengan air bersih setelah makan ataupun minum minuman seperti kopi, minuman bersoda dan sejenisnya. Hal ini dapat membantu mengeluarkan sisa-sisa makanan maupun kuman-kuman yang berada di dalam mulut.

4. Kunyah makanan segar

Cara ini satu ini juga terbilang efektif dalam membantu menghilangkan bau mulut untuk selamanya. Mengunyah makanan segar selain dapat merangsang produksi air liur, juga dapat membantu menetralkan bau tajam setelah mengonsumsi makanan beraroma kuat seperti bawang, petai, jengkol dan sebagainya.

Beberapa pilihan makanan segar tersebut diantaranya seperti apel, wortel, daun mint, kulit lemon, daun kemangi segar, cengkeh, biji adas dan banyak lagi.

5. Terapkan diet sehat dan seimbang

Seperti yang diketahui, apa yang kita makan akan sangat memengaruhi bukan hanya bau mulut, namun kesehatan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, pastikan untuk menerapkan diet sehat dan seimbang dengan konsumsi berbagai makanan bergizi.

Perbanyak asupan buah, sayuran juga kacang-kacangan. Minimalkan konsumsi makanan tinggi gula dan makanan tinggi lemak, termasuk diantaranya camilan manis, junk food dan goreng-gorengan.

Hati-hati juga bila hendak melakukan diet tertentu. Ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi sebelum menerapkan diet tertentu. Pasalnya, beberapa jenis diet seperti diet rendah karbohidrat, dapat menjadi penyebab bau mulut lantaran memicu pelepasan senyawa keton berlebih dari dalam tubuh.

Beberapa Tips Lain yang Tak Kalah Penting

Berikut tips lain yang perlu diterapkan sebagai cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya:

  • Tetap terhidrasi dengan minum air putih rata-rata 8 gelas/hari.
  • Buang kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.
  • Kunyah permen karet bebas gula.
  • Konsumsi lebih banyak makanan kaya zinc dan makanan prebiotik.
  • Bagi penderita asam lambung kurangi konsumsi makanan pemicu seperti makanan pedas dan asam.
  • Minimalkan tingkat stres, karena stres berlebih dapat meningkatkan keinginan mengonsumsi makanan manis dan berlemak tinggi.

Terakhir, lakukan kunjungan secara teratur ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali guna pemeriksaan rutin dan pembersihan, terlebih bagi yang memasang gigi palsu ataupun behel.

  • Holly McGurgan, Healthline. 2019. Bad Breath (Halitosis). Diakses Juli 2020.
  • Corinne O'Keefe Osborn, Healthline. 2019. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath. Diakses Juli 2020.
  • Mayo Clinic Staff, Mayoclinic. 2018. Bad breath, symptoms & causes. Diakses Juli 2020.
  • Alfred D. Wyatt Jr., DMD, Webmd. 2018. Dental Health and Bad Breath. Diakses Juli 2020.
  • Alessandro Villa, DDS, PhD, MPH, Health.harvard. 2019. Bad breath: What causes it and what to do about it. Diakses Juli 2020.
  • Tim Newman, Medicalnewstoday. 2018. Everything you need to know about bad breath. Diakses Juli 2020.
  • Barbara H. Seeber, Everydayhealth. 2016. 11 Ways to Fight Bad Breath Naturally. Diakses Juni 2020.

Tinggalkan Komentar

#