Simak Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Mudah Tanpa Ribet

Minder saat berbicara dengan orang lain lantaran bau mulut? Yuk, bantu atasi dengan menerapkan sejumlah cara menghilangkan bau mulut berikut.

cara menghilangkan bau mulut

Aroma tak sedap yang keluar dari mulut memang bukan masalah medis serius. Namun demikian, hal tersebut dapat sangat memengaruhi kepercayaan diri, dan tentu cukup mengganggu lawan bicara yang dihadapi.

Apa Sih yang Menyebabkan Bau Mulut?

Bau mulut atau yang disebut pula dengan halitosis atau fetor oris, merupakan masalah yang cukup umum dijumpai. Hampir sebagian besar kasus bau mulut terjadi akibat kebersihan gigi juga mulut yang kurang terjaga.

Misal jarang menggosok gigi atau berkumur-kumur selepas makan, sehingga memungkinkan pertumbuhan bakteri yang pada akhirnya memicu bau tak sedap bahkan menyebabkan timbulnya plak maupun lubang pada gigi.

Di samping itu, penyebab bau mulut juga dapat ditenggarai oleh sejumlah minuman maupun makanan tertentu, seperti bawang dan jengkol, serta akibat kebiasaan buruk merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Waspada, dalam beberapa kasus, bau mulut yang menyengat dan sulit dihilangkan dapat menjadi pertanda dari beberapa penyakit, termasuk diantaranya seperti sinusitis, penyakit asam lambung (GERD), gangguan ginjal dan hati serta diabetes.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Efektif & Mudah Dilakukan?

Ada beragam cara menghilangkan bau mulut. Yang pertama tentu dengan rajin menyikat gigi 2 kali sehari yang dapat dimaksimalkan pula dengan penggunaan benang gigi, alat pembersih lidah dan obat kumur non-alkohol.

Selanjutnya, minumlah air putih yang cukup dalam sehari – sekitar 2 liter atau 8 gelas/hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi dan mulut kering. Kemudian, hentikan kebiasaan buruk merokok dan konsumsi minuman beralkohol.

Bila ingin mencoba bahan alami, maka dapat menggunakan cengkeh, biji adas, kulit jeruk atau lemon serta daun parsley, mint, basil maupun daun ketumbar. Berikut uraian lengkapnya:

1. Rajin menyikat gigi

Cara menghilangkan bau mulut yang pertama dapat dilakukan, yakni dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari – di malam hari sebelum tidur dan pagi hari selepas sarapan.

Maksimalkan pula dengan menggunakan benang gigi untuk mengangkat sisa makanan di sela-sela gigi dan alat pembersih lidah khusus untuk mengangkat kotoran juga bakteri di permukaan lidah.

2. Berkumur dengan obat kumur

Selain membantu menghilangkan bau mulut, berkumur dengan obat kumur (mouthwash) juga dapat membantu menyegarkan napas plus memberi perlindungan ekstra terhadap bakteri penyebab bau mulut. Berkumurlah selama 30 detik sebanyak dua kali dengan menggunakan obat kumur bebas alkohol.

Di samping itu, tiap sehabis makan atau minum apapun, usahakan untuk membilas mulut dengan air bersih. Hal ini bermanfaat untuk membantu menghilangkan sisa-sisa makanan di rongga mulut dan sela gigi yang berpeluang besar menjadi plak maupun karang gigi.

3. Perbanyak minum air putih

Mulut kering menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut tak sedap. Saat mulut kering, produksi air liur pun sangat sedikit, kondisi inilah yang lantas memungkinkan sisa-sisa makanan dan bakteri tinggal lebih lama di dalam mulut sehingga menimbulkan bau tak sedap.

Oleh karena itu, minumlah cukup air putih, rata-rata sebanyak 2 liter atau 8 gelas/hari. Selain sebagai cara menghilangkan bau mulut, minum air putih yang cukup setiap harinya juga memiliki andil besar terhadap kesehatan tubuh keseluruhan.

4. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet bermanfaat untuk merangsang produksi air liur yang menjadi salah satu pertahanan alami mulut terhadap asam plak yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut. Kunyahlah permen karet bebas gula, bukan permen karet manis yang justru dapat merusak gigi.

5. Berhenti merokok

Selain dapat memicu kanker, kebiasaan buruk merokok juga dapat merusak gigi, gusi serta menimbulkan bau mulut. Hal ini tak lepas dari tembakau dan bahan kimia lainnya yang terkandung dalam rokok, yang mampu menyebabkan mulut kering serta terjadinya peradangan juga infeksi pada gigi dan gusi.

6. Hindari konsumsi makanan & minuman tertentu

Beberapa makanan dan minuman dikenal memiliki bau yang cukup menyengat, contohnya seperti bawang putih, petai, kopi dan minuman beralkohol. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan maupun minuman tersebut, terutama saat ingin keluar rumah bertemu banyak orang.

7. Coba bahan-bahan alami

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan memanfaatkan sejumlah bahan alami yang berkhasiat bagi kesehatan gigi dan mulut plus dapat membantu napas menjadi lebih segar. Beberapa diantaranya yakni:

  • Kunyah segenggam cengkeh atau biji adas – keduanya berkhasiat sebagai antiseptik alami yang dapat membantu melawan bakteri penyebab bau mulut.
  • Kunyah kulit jeruk atau lemon – asam sitrat yang terkandung didalamnya akan merangsang kelenjar ludah dan melawan bau mulut.
  • Kunyah setangkai daun parsley, basil, mint atau daun ketumbar – klorofil yang terdapat pada tanaman hijau ini mampu menetralkan bau mulut.

Berkonsultasilah Ke Dokter Gigi

Dalam beberapa kasus yang ringan, biasanya bau mulut akan hilang dengan menerapkan sejumlah cara di atas. Namun, bila berbagai upaya tersebut sudah dilakukan secara rutin selama beberapa minggu, dan masalah bau mulut yang dialami tak juga teratasi, maka segeralah berkonsultasi pada dokter gigi.

Bisa jadi ada masalah terkait kesehatan gigi dan mulut yang harus segera diatasi. Bahkan mungkin dampak dari kondisi medis cukup serius seperti diabetes, gagal ginjal ataupun gagal hati. Dengan berkonsultasi pada dokter, maka pengobatan yang dilakukan akan jauh lebih efektif sesuai penyebab yang mendasari.

  • Peter Jaret, Webmd. 2015. What You Can Do About Bad Breath. Diakses Juni 2020.
  • Mayo Clinic Staff, Mayoclinic. 2018. Bad breath, diagnosis & treatment. Diakses Juni 2020.
  • Barbara H. Seeber, Everydayhealth. 2016. 11 Ways to Fight Bad Breath Naturally. Diakses Juni 2020.
  • Corinne O'Keefe Osborn, Healthline. 2019. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath. Diakses Juni 2020.
  • Holly McGurgan, Healthline. 2019. Bad Breath (Halitosis). Diakses Juni 2020.

Tinggalkan Komentar

#