Cara Menghilangkan Kutil dengan Bawang Putih

Simpel dan mudah, inilah cara menghilangkan kutil dengan bawang putih. Yuk ikuti langkah-langkahnya!

cara menghilangkan kutil dengan bawang putih

Kutil merupakan pertumbuhan kulit abnormal yang umumnya bersifat jinak (non-kanker). Kondisi ini disebabkan oleh infeksi dari virus HPV (human papilloma virus). Terdapat beragam jenis kutil dengan ciri dan lokasi pertumbuhan yang berbeda. Mulai dari kutil biasa, kutil plantar hingga kutil kelamin.

Meski umumnya tidak berbahaya, namun dari sisi penampilan, kehadiran kutil – terutama di area kulit yang terbuka seperti wajah, leher dan tangan, dapat mengurangi rasa percaya diri penderitanya.

Oleh karena itu, tak sedikit orang yang ingin menyingkirkannya. Salah satu cara yang dapat dipilih, yakni dengan menggunakan bawang putih. Bagaimana caranya?

Begini Cara Menghilangkan Kutil dengan Bawang Putih yang Tepat

Dari berbagai macam pilihan pengobatan kutil, bawang putih menjadi salah satu bahan alami yang dapat dipilih. Bawang putih (Allium sativum) dari keluarga Liliaceae memiliki sejarah panjang sebagai obat herbal untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit kulit seperti kutil.

Umbi lapis berwarna putih yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini diketahui memiliki efek antivirus, antibakteri dan antikanker, terutama berkat senyawa utama yang terkandung didalamnya, yakni allicin.

Hasil dari sejumlah penelitian pun menunjukkan bahwa bawang putih dapat menjadi pilihan pengobatan yang efektif dan relatif aman dalam menghilangkan kutil. Pengobatan kutil dengan bawang putih umumnya dapat memakan waktu sekitar 2 minggu – 2 bulan sebelum terlihat hasil yang cukup nyata.

Bagi yang ingin mencobanya, perhatikan langkah-langkah dari cara menghilangkan kutil dengan bawang putih berikut ini:

1. Bersihkan dulu area kulit yang ditumbuhi kutil

Langkah pertama yang perlu dilakukan, yakni membersihkan area kulit yang ditumbuhi kutil dengan air hangat dan sabun. Setelah itu, keringkan dengan tisu atau handuk bersih.

2. Hancurkan bawang putih & tempelkan pada kutil

Siapkan satu siung bawang putih ukuran sedang. Lalu geprek hingga pipih dan mengeluarkan cairan, atau bisa juga ditumbuk hingga cukup halus. Bila sudah, tempelkan langsung pada kutil.

3. Balut dengan perban

Setelah ditempel atau dibalurkan, balut area kulit tersebut dengan perban maupun bahan perekat lainnya. Biarkan kurang lebih selama 15-30 menit sebelum perekat dilepaskan.

4. Lepaskan perban & bilas dengan air dingin

Selepas didiamkan selama 15-30 menit, lepas perban atau perekat. Kemudian bilas area kulit tersebut dengan air dingin, lalu keringkan. Jangan lupa juga untuk mencuci bersih tangan dengan sabun sebelum menyentuh area kulit yang lain agar kutil tidak menyebar.

Baca juga: Cara Mencuci Tangan yang Benar, Ikuti Langkah-langkahnya

5. Terapkan secara rutin

Cara menghilangkan kutil dengan bawang putih ini tentu bukan cara instan yang dapat membuahkan hasil hanya dalam semalam. Jadi, terapkan pengobatan ini secara rutin dan konsisten sebanyak 2 kali sehari selama 2 minggu hingga 2 bulan.

Lakukan dengan Hati-Hati

Perlu diingat, bahwasanya pengobatan kutil dengan bawang putih ini dapat menimbulkan efek samping berupa timbulnya sensasi perih, gatal dan kemerahan pada kulit. Maka berhati-hatilah, terlebih bagi yang memiliki kulit sensitif.

Lepaskan segera perban atau perekat bila timbul sensasi perih yang sangat menyengat. Basuh terus-menerus dengan air dingin hingga sensasi perihnya dirasa berkurang.

Bila sudah diterapkan secara rutin dan konsisten sebanyak 2 kali sehari selama maksimal 2 bulan, namun tak juga membuahkan hasil, maka disarankan untuk beralih ke pengobatan lain. Kunjungi dan konsultasikan langsung pada dokter kulit agar mendapat saran pengobatan maupun perawatan medis yang lebih tepat.

  • Kimberly Beauchamp, ND, Newhope. 2005. Garlic: A Natural Cure for Warts. Diakses Juli 2020.
  • Zahra Beygom Mousavi, Abolfath Mehrabian, Fereshteh Golfakhrabadi, Foroogh Namjoyan, Sciencedirect. 2018. A clinical study of efficacy of garlic extract versus cryotherapy in the treatment of male genital wart. Diakses Juli 2020.
  • Stephanie S. Gardner, MD, Webmd. 2020. Warts: Treatments and Home Remedies. Diakses Juli 2020.
  • Kirsten Nunez, Healthline. 2019. 16 Natural Home Remedies for Warts. Diakses Juli 2020.
  • Zora Degrandpre, ND, Wikihow. 2020. How to Remove Warts Naturally Using Garlic. Diakses Juli 2020.

Tinggalkan Komentar

#