8 Makanan untuk Mendapatkan Anak Kembar

Anda ingin mendapatkan anak kembar? Konsumsilah makanan berikut ini untuk meningkatkan peluang memiliki anak kembar.

cara mendapatkan anak kembar

Kehadiran buah hati yang langsung dua tentu memberikan keseruan tersendiri. Tak heran apabila banyak pasangan mendambakan memiliki anak kembar.

Bahkan mungkin sudah banyak cara yang dilakukan agar segera mendapatkan kehamilan ganda. Apa pun usaha yang sudah dilakukan, jangan lewatkan menu makanan berikut ini untuk meningkatkan peluang mendapatkan anak kembar.

Bagaimana makanan bisa membantu mendapatkan kehamilan kembar?

Makanan-makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kemungkinan hamil kembar adalah makanan yang berfungsi meningkatkan kesuburan atau fertilitas.

Ketika kesuburan meningkat, bahkan terjadi ovulasi atau pengeluaran sel telur lebih dari satu, maka kehamilan kembar pun dapat terjadi.

Meskipun begitu, cara alami ini tentu tidak ada yang dapat menjamin 100% keberhasilan. Oleh sebab itu, gunakan hal ini sebagai upaya pendukung atau pelengkap saja.

Inilah 7 Makanan untuk Mendapatkan Anak Kembar

1. Ubi atau Mantang

Mantang makanan mendapatkan anak kembar

Konsumsi mantang diyakini bisa meningkatkan kemungkinan mendapatkan anak kembar.

Dalam salah satu penelitian, teramati bahwa masyarakat suku Yoruba di Nigeria memiliki angka kelahiran kembar yang tinggi. Setelah diteliti ternyata mereka memiliki kebiasaan makan ubi atau mantang.

Tak heran, karena di dalam ubi terdapat kandungan progesteron dan fitoestrogen, dan inilah yang  dapat menyebabkan hiperovulasi.

Oleh karena itu, ubi masuk dalam daftar makanan yang direkomendasikan untuk mempermudah mendapatkan anak kembar.  Namun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat ubi ini.

2. Singkong

makanan biar dapat anak kembar dari singkong

Seperti diketahui bahwa kebanyakan wanita melepaskan satu sel telur selama ovulasi. Dari proses ovulasi ini, kehamilan kembar terjadi ketika telur membelah menjadi dua setelah pembuahan. Kehamilan kembar juga terjadi ketika terjadi ovulasi lebih dari satu sel telur dan keduanya berhasil dibuahi.

Beberapa peneliti telah menduga kuat bahwa rajin mengonsumsi singkong dapat membantu wanita melepaskan lebih dari satu telur selama ovulasi.

Jadi, bagi Anda yang mengharapkan anak kembar, tak ada salahnya sering mengonsumsi singkong sejak beberapa minggu sebelum merencanakan kehamilan.

3. Asam Folat

Pastikan konsumsi asam folat sejak merencanakan kehamilan

Asam folat adalah salah satu zat wajib yang harus dikonsumsi oleh seorang wanita yang merencanakan kehamilan dan selama kehamilan. Zat ini sangat penting untuk menunjang pertumbuhan janin serta mencegah cacat lahir.

Pentingnya biasanya dokter meresepkan suplemen ini untuk dikonsumsi setiap hari Selama menjalani program kehamilan dan selama hamil dan menyusui.

Selain dari suplemen, Bunda juga dapat memperoleh asam folat dengan mengonsumsi alpukat, bayam, brokoli, pisang, asparagus, dan lainnya.

Selain memang menjadi suplemen wajib, ternyata mengonsumsi asam folat sejak merencanakan kehamilan juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan kehamilan kembar.

Tentunya dengan dosis yang lebih tinggi dibanding rekomendasi untuk kehamilan biasa. Namun, pastikan agar selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai dosis yang tepat untuk Anda.

4. Produk susu

susu bisa membuat anak kembar

susu dan produk olahannya bisa mempermudah mendapatkan anak kembar

Cara mendapatkan anak kembar lainnya yaitu dengan rajin megonsumsi susu dan produk olahannya. Tentu hal ini menjadi kabar gembira bagi Anda yang memang doyan minum susu.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak produk susu dan produk olahannya lima kali lebih mungkin memiliki bayi kembar, dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi lebih sedikit susu atau produk olahannya.

Terlihat bahwa konsumsi susu dan produk olahannya meningkatkan jenis protein tertentu dalam tubuh, yang disebut ‘insulin-like growth factor‘. Protein jenis ini terdapat dalam susu sapi dan juga dapat diperoleh dari hewan lain.

Saat Anda mengonsumsi lebih banyak susu, ovarium memiliki peluang lebih tinggi untuk melepaskan lebih banyak sel telur, meningkatkan kemungkinan mendapatkan anak kembar.

5. Daging Merah

daging merah menambah kesuburan

Ya, wanita pemakan daging merah cenderung lebih mudah mengandung anak kembar. Alasannya adalah bahwa hormon pertumbuhan dari hati hewan diteruskan ke manusia dan hormon ini, pada gilirannya, meningkatkan ovulasi.

6. Akar Maca

akar maca untuk mendapatkan anak kembar

Konsumsi akar maca sangat bermanfaat bagi pria maupun wanita yang sedang menghadapi masalah kesuburan. Selain itu, mengonsumsi akar maca juga disarankan bagi wanita yang ingin mendapatkan bayi kembar.

Meskipun tidak banyak bukti yang mendukung klaim ini, namun tidak ada salahnya mencoba mengonsumsinya. Akar ini dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah, kering atau bubuk.

7. Karbohidrat Kompleks

karbohidrat kompleks untuk mendapatkan anak kembar

Karbohidrat kompleks adalah pilihan yang baik jika ingin mendapatkan anak kembar. Karbohidrat sangat bagus bagi tubuh, dan karbohidrat kompleks adalah yang lebih baik, daripada karbohidrat sederhana
(nasi, tepung, roti, dan sejenisnya).

Jenis makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran, merupakan sumber karbohidrat kompleks yang bagus. Bunda tidak hanya lebih mungkin memiliki anak kembar karena peningkatan kesuburan dengan makanan (diet) semacam ini, tetapi diet kaya karbohidrat kompleks bahkan dapat membantu mencegah cacat lahir pada bayi.

8. Inti Nanas

inti nanas bagus untuk kesuburan

Siapa sangka, buah nanas bisa menjadi alternatif cara untuk mendapatkan anak kembar.  Kehadiran bromelain, yang merupakan sejenis protein, dalam nanas ternyata dapat membantu ovulasi dan pembuahan. Inilah yang menjadi dasar adanya kemungkinan buah ini dapat membantu.

. . .

Rajin mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas, dapat meningkatkan kemungkinan mendapatkan anak kembar. Namun, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter sebelum melakukan perubahan pola makan apa pun ketika merencanakan kehamilan.

Seiring dengan itu, Anda juga disarankan untuk melakukan beberapa perubahan gaya hidup. Caranya, perhatikan berat badan Anda, apabila kekurangan, maka disarankan agar menambah berat badan, karena penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang kelebihan berat badan memiliki peluang lebih besar untuk hamil dengan bayi kembar.

Jika Anda sedang menyusui dan berencana memiliki anak kembar, maka ada baiknya Anda terus menyusui. Ini karena menyusui meningkatkan peluang hamil bayi kembar, sebanyak 9 kali lipat.

Ingat! Cara-cara di atas hanyalah sebagai pelengkap untuk meningkatkan kemungkinan agar hamil anak kembar. Ada pun cara yang lebih pasti, yakni dengan menjalani program yang dapat diupayakan melalui prosedur medis sebagaimana yang dokter Anda arahkan.

Baca juga artikel: Beragam Cara Membuat Anak Kembar

Tinggalkan Komentar

#