Susu LLM untuk Bayi Diare, Apakah Memang Dianjurkan?

Banyak yang menganjurkan mengganti susu formula dengan susu LLM untuk bayi diare. Apakah susu LLM memang bisa menyembuhkan diare?

susu LLM untuk bayi diare

Mengenal Susu LLM

Susu LLM adalah singkatan dari low lactose milk, atau secara bebas kita artikan sebagai susu rendah laktosa.

Laktosa itu sendiri merupakan zat gula khas yang terdapat dalam susu dan produk susu. Laktosa juga merupakan karbohidrat paling berlimpah dalam susu mamalia, dan ASI mengandung hampir 6,7-7,8 g / dL laktosa, tertinggi di antara susu hewan lain.

Selain perannya sebagai sumber energi, laktosa memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Selain itu, laktosa telah terbukti mendukung penyerapan berbagai mineral termasuk kalsium, tembaga dan mangan14, 15 dan memiliki efek prebiotik pada mikrobiota usus.

Bagaimana bisa, zat alami dalam susu ini dikurangi atau dihilangkan?

Produsen susu dapat menghasilkan susu rendah laktosa dengan cara menambahkan enzim laktase ke dalam susu sapi biasa. Laktase adalah enzim yang diproduksi oleh tubuh untuk memecah  laktosa sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Secara invitro atau di laboratoorium hal ini dapat dilakukan. Melalui prosedur tersebut diperoleh hasil akhir berupa susu LLM.

Sekilas tak ada bedanya, susu LLM juga memiliki rasa, tekstur, dan profil nutrisi yang hampir sama dengan susu biasa. Jadi, tidak ada kekhawatiran kekurangan zat gizi ketika mengonsumsi susu jenis ini.

Apa Kegunaan Susu LLM?

Jika laktosa diperlukan oleh bayi, kenapa produsen membuat susu rendah Laktosa?

Ternyata tidak semua bayi bisa mencerna laktosa dengan baik. Ada beberapa bayi tidak menghasilkan enzim laktase yang cukup sehingga mengonsumsi susu biasa bisa menimbulkan masalah.

Ketidakcukupan laktase membuat laktosa yang masuk ke dalam usus tidak dapat diserap oleh tubuh sepenuhnya. Laktosa yang tak terserap ini memiliki sifat menarik cairan sehingga feses menjadi lebih encer.

Sebagai akibatnya, timbullah sakit perut, mual, dan diare. Inilah kondisi yang disebut sebagai intoleransi laktosa.

Bayi dengan intoleransi laktosa harus mengganti susu formulanya dengan susu LLM agar terhindar dari diare dan gejala penyerta lainnya.

Jadi, sudah cukup jelas ya, bahwa susu LLM diindikasikan untuk bayi yang memiliki masalah intoleransi laktosa.

Kenapa susu LLM dianjurkan untuk bayi diare?

Perlu diketahui bahwa tidak semua kasus diare pada bayi disebabkan oleh intoleransi laktosa. Bahkan yang tersering akibat infeksi virus.

Namun, anjuran mengganti susu formula bayi dengan susu LLM ketika diare memang memiliki alasan. Tak heran, anjuran tersebut memang berasal dari para dokter.

Alasannya, pada bayi yang sedang mengalami diare dengan penyebab apapun (tidak hanya karena intoleransi laktosa) mengalami gangguan atau kerusakan pada sel epitel di ujung vili usus atau lapisan permukaan usus. Padahal, enzim laktase yang memecah laktosa berada pada lapisan tersebut.

Kondisi inilah yang pada akhirnya membuat bayi dengan diare mengalami intoleransi laktosa sementara karena proses diare yang menyebabkan hilangnya sel epitel yang mengandung laktase.

Untuk itu, pemberian susu LLM untuk bayi diare dianjurkan. Pemberian susu dengan kadar laktosa tinggi atau susu formula pada umumnya justru berpotensi memperberat diare yang terjadi. Bahkan lebih lama sembuhnya.

Tapi ingat, Anjuran pemberian susu LLM untuk bayi yang diare hanya ditujukan pada bayi yang sehari-harinya menggunakan susu formula biasa. Untuk bayi yang hanya mengonsumsi susu dari ASI, tidak dianjurkan beralih ke susu LLM, melainkan tetap melanjutkan pemberian ASI.

Bagaimana pun ASI tetap yang terbaik untuk bayi. Tetap berikan ASI pada anak karena memang itulah yang dia butuhkan.

Begitupula pada bayi atau anak yang tidak tergantung dengan susu, misalnya hanya minum susu jarang-jarang, maka tidak harus memberikannya susu LLM. Tidak memberikan susu dan produk susu jenis apa pun saat diare bisa menjadi solusi.

  • Manpreet Sukhija, CGEH. 2018. Low lactose in the nutritional management of diarrhea: Case reports from India. Diakses Februari 2020
  • Rachel, healthline. 2018. Lactose free milk. Diakses Februari 2020
  • William, Medicinenet. 2018. Medical Definition of Lactose. Diakses Februari 2020

Tinggalkan Komentar

#