Cara Menggunakan Primolut N untuk Menunda Menstruasi

Ingin menunda haid? Tak perlu bingung, inilah cara mudah menunda menstruasi dengan Primolut-N.

Primolut N untuk menunda haid

Menstruasi adalah bagian normal yang tak terpisahkan dari tubuh wanita. Siklus bulanan ini secara alami akan datang setiap bulannya. Namun, terkadang kehadirannya tak diharapkan dengan sejumlah alasan.

Menstruasi terkadang mengganggu, membuat tak nyaman, atau menjadi larangan saat hendak mengikuti acara penting, atau menjalani ritual keagamaan. Untungnya, menstruasi dapat ditunda, salah satunya dengan obat dengan merek Primolut-N.

Memahami Cara Kerja Primolut-N dalam Menunda Haid

Primolut- N adalah obat dengan kandungan bahan aktif norethisterone. Norethisterone itu sendiri merupakan progestogen sintetis yang mirip dengan hormon progesteron alami pada tubuh wanita.

Kaitannya dengan siklus menstruasi, progesteron berfungsi menebalkan dinding rahim atau endometrium dengan tujuan untuk mempersiapkan kehamilan. Namun, ketika tidak terjadi pembuahan, maka kadar progesteron akan terus turun seiring usia corpus luteum.

Corpus luteum penghasil progesteron ini berada di indung telur (ovarium), terbentuk setelah sel telur keluar dari ovarium menuju saluran tuba atau ovulasi. Usia corpus luteum sekitar 14 hari sejak ovulasi.

Saat progesteron turun di titik terendahnya, maka lapisan rahim yang sebelumnya menebal nan kaya pembuluh darah, menjadi luruh dan darah haid pun keluar.

Apabila progesteron – atau norethisterone – dikonsumsi sebelum progesteron benar-benar rendah, maka kadarnya akan naik lagi dan darah haid atau menstruasi pun dapat dicegah.

Seperti itulah cara kerja primolut N dalam menunda menstruasi.

Sekarang, Bagaimana Cara Menggunakan Primolut N untuk Menunda Menstruasi?

Agar progesteron tidak terlanjur turun di tingkat terendahnya, maka obat ini harus diminum tiga hari sebelum menstruasi dan harus minum satu tablet tiga kali sehari hingga 10-14 hari.

Ketika berhenti menggunakan primolut-N, maka menstruasi akan mulai terjadi pada dua sampai empat hari setelah berhenti minum pil.

Mengenai efektifitas pil ini tidak perlu diragukan, sudah terbukti dan teruji keberhasilannya dalam menunda menstruasi untuk keperluan umroh, traveling, mengikut event tertentu, dan lain sebagainya.

Apakah Primolut N Memiliki Efek Samping?

Norethisterone aman bagi sebagian besar wanita untuk penggunaan sesekali, tetapi tidak dianjurkan untuk penggunaan yang terlalu sering atau lama dengan tujuan menunda menstruasi.

Namun ada beberapa wanita yang tidak cocok untuk norethisterone. Misalnya, wanita yang rentan terhadap pembekuan darah atau beberapa wanita yang memiliki tekanan darah tinggi atau diabetes. Penting untuk memeriksa dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memenuhi syarat untuk menunda menstruasi menggunakan Primolut N ataukah dengan cara lain.

Di sisi lain, ada sejumlah efek samping primolut – N, yaitu berupa perubahan suasana hati (mood), pusing, mual, tumbunya jerawat, nyeri payudara, retensi cairan, dan hilangnya libido. Efek samping dapat bervariasi untuk setiap wanita, dan keluhan ini akan berangsur hilang setelah berhenti menggunakannya.

Jadi, lebih baik cobalah beberapa hari mengonsumsinya sambil melihat efeknya pada tubuh, sebelum Anda memutuskan untuk bepergian. Apabila tidak cocok dengan obat ini, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai alternatif lainnya untuk menunda menstruasi.

Ingat! Primolut N bukanlah pil kontrasepsi, sehingga saat meminumnya Anda masih perlu melindungi diri menggunakan metode lain, seperti kondom, untuk menghindari kehamilan.

Peringatan!

Beberapa orang dengan kondisi di bawah ini, tidak boleh menggunakan primolut N:

  • Hipersensitif atau alergi terhadap zat yang terkadung dalam obat.
  • Diketahui atau diduga hamil.
  • Ibu menyusui
  • Memiliki penyakit gangguan pembekuan darah (trombosis, teromboemboli, dan sejenisnya)
  • Sering mengalami migrain
  • Gangguan fungsi hati
  • Pendarahan dari jalan lahir.

Primolut N dikontraindikasikan untuk penggunaan bersamaan dengan produk obat yang mengandung ombitasvir, paritaprevir, ritonavir, dan dasabuvir.

Menunda menstruasi dengan primolut N tergolong aman untuk jangka waktu singkat. Pastikan bahwa Anda menggunakannya berdasarkan persetujuan dari dokter untuk menghindari potensi bahaya yang ditimbulkannya.

Tinggalkan Komentar

#