Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Agar Tak Gampang Sakit

Tangkal kedatangan penyakit dengan menerapkan beragam cara meningkatkan kekebalan tubuh berikut.

Cara meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem imun atau kekebalan tubuh memegang peranan vital dalam menjaga kesehatan. Sel darah putih, antibodi, termasuk kelenjar getah bening dan berbagai organ tubuh merupakan komponen dari sistem imunitas.

Kesemuanya bekerja secara terkoordinasi, baik dalam memonitor maupun mengeksekusi berbagai patogen atau agen biologis yang membahayakan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh melemah, maka tubuh pun akan sangat kesulitan dalam mempertahankan kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk terus menjaga maupun meningkatkan kekebalan tubuh, terlebih bagi yang sudah cukup berumur dan di musim pancaroba, dimana daya tahan tubuh cenderung melemah.

Ada berbagai cara meningkatkan kekebalan tubuh, beberapa diantaranya yakni, konsumsi makanan sehat dan seimbang, olahraga secara teratur, tidur cukup dan nyenyak, meminimalkan tingkat stres dan lainnya seperti dijelaskan berikut.

Cara meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak gampang sakit

1. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Seimbang

Salah satu faktor penting untuk mempertahankan atau meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan memenuhi asupan gizi seimbang. Tak cukup sekedar memenuhi rasa lapar, makanan yang dikonsumsi harus terdiri dari beragam jenis nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral dan vitamin.

Porsi sayur dan buah dengan beragam jenis dan warna harus lebih banyak dibandingkan karbohidrat dan protein dalam piring makan. Jangan justru terbalik, misal nasi serta lauk pauknya yang memiliki porsi lebih besar.

Baca juga: Jauhi Kanker dengan Konsumsi Makanan Anti Kanker Ini

2. Aktif Bergerak

Tak sekadar terbatas pada asupan gizi seimbang, untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan bugar dibutuhkan aktivitas fisik yang mumpuni, utamanya dengan berolahraga secara teratur rata-rata 150 menit per minggu.

Selain memperkuat imunitas tubuh, olahraga juga bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres karena saat berolahraga tubuh akan melepaskan endorfin dan berbagai hormon kebahagiaan lainnya. Beragam jenis olahraga dapat dilakukan, yang terpenting lakukan secukupnya jangan berlebihan.

3. Tidur Cukup dan Nyenyak

Cara meningkatkan kekebalan tubuh selanjutnya yakni dengan tidur cukup dan nyenyak di malam hari. Rata-rata orang dewasa harus memenuhi durasi tidur idealnya sekitar 7-8 jam sehari. Sementara bayi dan anak-anak berkisar antara 8-17 jam/hari, tergantung usianya.

Tidur dan bangunlah pada jam yang sama secara rutin setiap hari. Hindari berbagai hal yang dapat merusak kualitas tidur, terutama menonton tv dan menggunakan gawai di tempat tidur.

4. Minimalkan Tingkat Stres

Stres adalah hal normal yang tak terelakkan dan pasti dialami oleh setiap orang. Dalam jumlah cukup, stres sendiri sebenarnya memiliki efek positif, misal mampu memberikan motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan menjadi lebih cepat.

Namun, bila berlebih dan berkepanjangan, maka stres hanya mendatangkan keburukan saja. Stres kronis akan melemahkan respons imun tubuh dengan terus-menerus melepaskan hormon kortisol.

Kehadiran hormon stres dalam jumlah berlebih ini akan mengganggu kerja sel-T sekaligus menekan igA sekretori yang merupakan garis pertahanan pertama tubuh terhadap patogen. Maka dari itu minimalkan tingkat stres dengan mengutarakan semua beban pikiran pada orang yang bersangkutan atau orang yang dipercaya dan memberikan relaksasi pada tubuh.

5. Berjemur Di Bawah Sinar Matahari

Selain merangsang produksi vitamin D, berjemur di bawah sinar matahari juga memiliki manfaat positif bagi kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel T yang berperan dalam melawan infeksi di tubuh.

Oleh karenanya, saat cuaca sedang cerah, usahakan untuk berjemur di bawah jam 10 pagi atau di atas jam 4 sore selama sekitar 5-15 menit. Entah itu dengan berolahraga atau sekadar duduk-duduk santai di teras rumah.

6. Tingkatkan Aktivitas Bercinta

Bagi yang sudah menikah atau memiliki pasangan sah pasti menyenangi cara meningkatkan kekebalan tubuh yang satu ini. Ya, selain untuk melampiaskan kebutuhan biologis, aktivitas bercinta dengan pasangan ternyata dapat menguatkan imunitas tubuh.

Studi menunjukkan bahwasanya, setiap orang yang bercinta atau melakukan hubungan intim rata-rata 2 kali seminggu memiliki tingkat imunoglobulin A (IgA) 30% lebih tinggi dibandingkan yang jarang atau tidak rutin melakukannya.

Perhatikan juga beberapa tips penting berikut:

Selain beberapa cara di atas, ada sejumlah kiat lain yang perlu diperhatikan agar kesehatan tubuh senantiasa terjaga dan tidak mudah sakit, antara lain:

  • Cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir, terutama saat sebelum makan dan hendak menyentuh wajah.
  • Hentikan kebiasaan buruk merokok dan minuman beralkohol.
  • Jauhi paparan asap rokok.
  • Minum air putih rata-rata 8 gelas sehari.
  • Menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit.
  • Melakukan vaksin dan mengonsumsi suplemen jika diperlukan.
  • Health.harvard. How to boost your immune system. Diakses Maret 2020.
  • Minesh Khatri, MD, Webmd. 2019. Tips to Strengthen Your Immune System. Diakses Maret 2020.
  • Carol DerSarkissian, Webmd. 2019. Diakses Maret 2020.
  • Hallie Levine, Aarp. 2020. Boost Your Immune System to Fight Viruses. Diakses Maret 2020.

Tinggalkan Komentar

#