Tips Mengurangi Nafsu Makan yang Berlebih

Diet sukses dengan menerapkan sejumlah tips mengurangi nafsu makan berikut.

tips mengurangi nafsu makan

Memiliki bentuk tubuh atau berat badan ideal bukan soal penampilan luar saja, namun yang lebih penting adalah kesehatan tubuh dari dalam. Salah satu tindakan konkret yang harus dilakukan untuk mewujudkan berat badan proporsional adalah dengan memotong asupan kalori harian alias menjalani diet sehat.

Namun bagaimana mungkin bisa menjalani diet dan menurunkan berat badan, bila nafsu makan saja sulit dikontrol. Keinginan untuk terus ngemil, makan berlebihan bahkan sekedar menahan godaan dari aroma makanan pun sangat sulit dihindari.

Bagi yang merasa terjebak dalam lingkaran setan seperti itu, coba terapkan beberapa tips mengurangi nafsu makan berikut agar nafsu makan dan berat badan dapat dikendalikan dengan mudah.

Yuk, terapkan secara konsisten beberapa tips mengurangi nafsu makan ini

tips mengurangi nafsu makan

1. Fokus pada Protein Tanpa LemakĀ 

Dalam urusan diet, memasukkan makanan tinggi protein merupakan suatu keharusan. Hal ini tak lepas dari karakteristik protein di dalam tubuh yang dapat meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran kalori serta menekan nafsu makan yang menjadi musuh besar para pelaku diet.

Sumber makanan tinggi protein dapat berasal dari hewani dan nabati. Protein hewani contohnya seperti telur, ikan, daging unggas dan daging merah. Untuk daging unggas dan daging merah, konsumsi dagingnya saja, hindari bagian lemak. Sedangkan protein nabati yang utama dapat diperoleh dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Perbanyak Asupan Serat

Serat dapat memperlambat laju perut dalam mengosongkan isinya yang pada gilirannya dapat menciptakan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, konsumsi makanan tinggi serat juga terbukti dapat menekan produksi hormon lapar dan meningkatkan kadar hormon kenyang. Dengan demikian nafsu makan dapat terkontrol dan penurunan berat badan lebih mudah dilakukan.

Beberapa jenis makanan tinggi serat yang dapat dikonsumsi setiap hari secara rutin termasuk diantaranya yakni beragam macam sayuran, buah-buahan, gandum utuh, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Minum Kopi

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minum kopi bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan dengan menekan rasa lapar dan merangsang thermogenesis yang berperan dalam meningkatkan laju metabolik tubuh.

Namun kopi yang dimaksudkan di sini adalah kopi hitam murni bukan instan dalam kemasan apalagi yang telah dicampurkan dengan gula, krimer dan bahan tambahan lainnya. Minumlah kopi secukupnya saja, karena bila berlebih justru dapat menimbulkan gangguan fisik dan mental berupa mual, sakit kepala, susah tidur, gugup, tremor, tekanan darah naik dan lainnya.

4. Minum Air Putih Sebelum Makan

Tips mengurangi nafsu makan satu ini terlihat sepele namun patut dicoba. Pasalnya, pada beberapa studi yang dilakukan para ahli, minum 2 gelas air putih 30 menit sebelum makan diketahui dapat menekan nafsu makan secara signifikan bahkan membantu tubuh membakar kalori lebih banyak.

Selain itu, cobalah untuk rutin minum air lemon hangat di pagi hari agar upaya penurunan berat badan yang dilakukan semakin maksimal. Bagi yang memiliki batu ginjal, minum air lemon hangat di pagi hari sangat bermanfaat untuk membantu meluruhkan batu ginjal dari dalam tubuh.

5. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Bisa jadi, nafsu makan berlebih yang sulit dikendalikan dipicu oleh kebiasaan makan selama ini yang terlalu cepat. Maka dari itu, ubahlah cara makan tersebut dengan makan lebih lambat dari biasanya agar ada kesempatan bagi tubuh untuk mengirim sinyal kenyang ke otak.

Cobalah untuk mengunyah secara perlahan, setidaknya 15-20 kali kunyah setiap suapan makanan (untuk makanan padat) dan berkonsentrasilah pada makanan tanpa terganggu atau melakukan aktivitas lain seperti menonton TV, memainkan gawai atau mengetik di depan komputer.

6. Tidur Cukup

Tidur kurang dari 6 jam/hari diketahui dapat meningkatkan risiko obesitas hingga 55%. Salah satu alasannya yakni akibat meningkatnya kadar hormon ghrelin yang memicu peningkatan nafsu makan dan keinginan untuk ngemil makanan manis.

Untuk kembali menyeimbangkan kadar hormon yang terganggu, maka tinggalkan kebiasaan sering tidur larut malam atau begadangan. Ciptakan kebiasaan tidur yang baik dengan tidur 7-8 jam/hari dan tidur juga bangun di waktu yang sama setiap harinya.

Dua hal penting lainnya yang perlu diterapkan sebagai bagian dari tips mengurangi nafsu makan dan berat badan berlebih yakni dengan olahraga secara teratur rata-rata 150 menit/minggu dan mengelola stres sebaik mungkin.

Bila ingin menjalankan pola diet tertentu, lakukan dengan benar dan sesuai anjuran ahli gizi agar hasilnya maksimal dan tidak sampai membahayakan kesehatan tubuh.

  • Amy Smith, Medicalnewstoday. 2018. Ten natural ways to suppress appetite. Diakses Februari 2020.
  • Alina Petre, MS, RD (CA), Healthline. 2017. 18 Science-Based Ways to Reduce Hunger and Appetite. Diakses Februari 2020.
  • Elaine Magee, MPH, RD, Webmd. 2019. Top 10 Ways to Deal With Hunger. Diakses Februari 2020.
  • Sara G. Miller, Livescience. 2016. The Science of Hunger: How to Control It and Fight Cravings. Diakses Februari 2020.

Tinggalkan Komentar

#