Aloclair Plus Gel adalah obat berbentuk gel untuk mempercepat penyembuhan sariawan serta lesi pada rongga mulut. Obat ini aman digunakan untuk anak-anak maupun dewasa tanpa khawatir jika tertelan.

aloclair plus gel

Bahan aktif yang terkadung dalam Aloclair Plus Gel berfungsi sebagai antibakteri dan melapisi luka atau lesi sariawan pada mukosa mulut. Dengan begitu, rasa sakit akan berkurang dan proses penyembuhan akan lebih cepat.

Tabel Ringkasan Obat Aloclair Plus Gel

JenisAntiseptik dan antiinfeksi pada rongga mulut
GolonganObat bebas tanpa resep, ikuti aturan pakai
KandunganPolyvinylpyrrolidone (PVP), aloe vera ekstrak, natrium hyaluronate, glychyrrhetic acid
KegunaanMempercepat penyembuhan sariawan, lesi pada rongga mulut serta perlukaan pada gusi
KonsumenDewasa dan anak-anak
KehamilanKategori A (aman)
ProdusenAlliance Pharma
HargaRp. 100.000 – 110.000 per tube isi 8 ml

Fungsi Obat Aloclair Plus Gel dalam Mengobati Sariawan

Obat berbentuk gel ini dapat meredakan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan sariawan dan lesi di mulut dengan bertindak sebagai antiseptik dan antibakteri. Fungsi dicapai dengan tiga kombinasi bahan aktif, yaitu Polyvinylpyrrolidone (PVP), aloe vera ekstrak, natrium hyaluronate, glychyrrhetic acid.

Polyvinylpyrrolidone (PVP) merupakan desinfektan yang dapat mencegah dan mengobati infeksi pada perlukaan di rongga mulut. Selain itu ada juga aloe vera ekstrak yang meredakan peradangan dan bersifat antibakteri.

Bahan aktif lainnya dari gel ini adalah natrium hyaluronate yang dapat membentuk lapisan pelindung untuk memberikan proteksi mekanis pada luka di rongga mulut.

Indikasi dan Kegunaan

Aloclair Plus Gel digunakan untuk meredakan rasa sakit akibat luka sariawan di mulut, stomatitis, lesi pada rongga mulut termasuk lesi akibat trauma seperti lesi akibat tergigit atau akibat pemakaian kawat gigi atau gigi palsu.

Kontraindikasi

Obat ini tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki riwayat hipersensitif/alergi terhadap bahan aktif obat ini. Reaksi hipersensitifnya termasuk shock anafilaktik, pembengkakan pada area wajah, bibir, lidah dan kerongkongan atau kesulitan bernafas.

Dosis Aloclair Plus Gel dan Aturan Pakai

Peringatan! Gunakan dosis dari dokter Anda karena itulah yang tepat. Dokter memberikan dosis setelah melakukan pemeriksaan. Sedangkan dosis yang tertera di sini adalah dosis umum.

Berikut dosis Aloclair Plus Gel yang umum digunakan:

  • Dosis dewasa: gunakan 1 – 2 tetes gel untuk menutupi permukaan lesi atau perlukaan di rongga mulut. Gunakan 3 – 4 kali sehari.
  • Dosis anak-anak: sama dengan dosis dewasa.

Cara pakai obat Aloclair Plus Gel:

  • Gunakan obat ini hanya pada area rongga mulut.
  • Hindari kontak langsung ujung aplikator dengan lesi atau luka di mulut.
  • Setelah penggunaan hindari menyentuh area luka dengan lidah minimal 2 menit untuk memaksimalkan pembentukan lapisan pelindung luka.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Hindari mengonsumsi makanan atau minuman minimal 1 jam setelah penggunaan obat ini.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk menggunakannya pada jam yang sama setiap hari.

Tersedia juga dalam bentuk semprot (Aloclair plus spray) dan Kumur (Aloclair plus mouthwash)

Efek Samping Aloclair Plus Gel

Belum ada data yang menunjukkan efek samping penggunaan ini di masyarakat. Namun, kemungkinan reaksi hipersensitivitas terhadap bahan aktif Aloclair masih mungkin terjadi dan berisiko menjadi efek samping obat ini.

Efek Overdosis

Belum ada data yang menunjukkan efek overdosis penggunaan Aloclair Plus Gel dalam dosis tinggi. Namun potensi reaksi alergi penggunaan sodium hyaluronate atau alergi pada orang dengan riwayat alergi protein unggas mungkin terjadi dan dapat memicu overdosis.

Jika pada penggunaan dosis tinggi terjadi bengkak di wajah, mulut dan kesulitan bernapas, segera hentikan penggunaan obat dan hubungi unit kesehatan terdekat.

Kehamilan dan Menyusui

Apakah boleh obat Aloclair Plus Gel untuk ibu hamil?

( √ ) Aloclair Plus Gel aman untuk Ibu hamil.

Bahan aktif Aloclair Plus Gel masuk dalam jenis obat kategori A untuk ibu hamil. Artinya, studi terkontrol pada wanita hamil tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin pada kehamilan trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester selanjutnya), dan sangat rendah kemungkinannya untuk membahayakan janin.

Apakah boleh obat Aloclair Plus Gel untuk ibu menyusui?

( ! ) Belum pasti aman untuk ibu menyusui.

Sedangkan pada ibu menyusui, belum diketahui apakah bahan aktif Aloclair Plus Gel dapat masuk dan mengontaminasi ASI ibu menyusui. Oleh karena itu penggunaannya sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Interaksi Obat

Aloclair Plus Gel cukup aman jikapun tertelan dan belum ada data yang menunjukkan interaksi obat ini dengan obat lain selama penggunaan. Namun untuk menghindari kemungkinan interaksi obat, konsultasikan dengan dokter Anda jika ingin menggunakan dua jenis obat bersamaan dalam satu waktu.