Bunda, Begini Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar

Bunda, mari perhatikan dengan saksama cara membersihkan lidah bayi berikut ini.

Cara membersihkan lidah bayi

Salah satu tugas paling sederhana, namun menjadi kewajiban terpenting yang tak boleh diabaikan oleh orang tua pada bayinya adalah menjaga kebersihan mulut si kecil, termasuk bagian lidah. Tujuannya untuk meminimalkan bau mulut tak sedap, mengurangi sisa-sisa susu atau makanan dari dalam mulutnya sekaligus menurunkan risiko infeksi mulut.

Selain itu, pada bayi juga tak jarang dijumpai lidahnya yang berwarna putih. Kondisi ini sendiri umumnya terjadi akibat dari sisa susu dan dalam beberapa kasus lainnya dapat disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans serta efek samping dari penggunaan antibiotik dalam jangka waktu yang lama.

Selengkapnya pelajari disini: Lidah bayi putih akibat jamur atau sisa susu? Ini bedanya.

Bila tidak dibersihkan, lidah putih yang dialami si kecil berisiko menyebabkan ketidaknyamanan yang berimbas pada menurunnya nafsu makan hingga membuatnya cenderung menjadi lebih rewel. Oleh karena itu, Ayah maupun Bunda harus selalu memperhatikan dan membersihkan lidah bayi secara rutin setiap harinya.

Cara membersihkan lidah bayi pun sangatlah mudah dan tidak memerlukan peralatan khusus. Hanya membutuhkan sepotong kain kasa bersih dan air hangat. Selanjutnya, Bunda dapat mengikuti langkah demi langkah cara membersihkan lidah bayi berikut ini.

Perhatikan dengan saksama cara membersihkan lidah bayi ini Bunda

Cara membersihkan lidah bayi

1. Cuci Tangan Bunda Hingga Bersih

Langkah pertama yang perlu dilakukan yakni dengan memastikan kebersihan tangan Bunda. Cuci tangan Bunda dengan sabun di bawah air mengalir, lalu keringkan dengan handuk bersih setelahnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran kuman yang berisiko menginfeksi bayi.

2. Lilitkan Kain Kasa pada Jari Telunjuk

Setelah memastikan tangan Bunda benar-benar bersih, langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan sepotong kain kasa dan air hangat. Lilitkan kain kasa pada jari telunjuk dan celupkan ke dalam air hangat. Pastikan suhu kain kasa tersebut benar-benar pas agar tidak sampai melukai lidah si kecil.

3. Gendong dan Buka Mulutnya Secara Perlahan

Gendong buah hati Bunda dengan satu tangan, topang kepala dan lehernya dengan lengan. Pastikan ia dalam posisi yang nyaman dan aman. Setelah itu, tarik bagian bawah bibirnya secara perlahan hingga mulutnya cukup terbuka.

4. Gosok Permukaan Lidahnya

Selanjutnya setelah mulut bayi sudah tterbuka, masukkan dan letakkan jari telunjuk Bunda yang telah dilapisi kain kasa hangat pada permukaan lidahnya. Gosok dan kikis perlahan dengan gerakan memutar selama beberapa putaran hingga dirasa cukup bersih.

Perhatikan untuk tidak memasukkan jari telunjuk Bunda terlalu dalam guna mencegahnya dari tersedak dan muntah. Setelah lidah dirasa sudah bersih, lanjutkan dengan membersihkan gusi dan bagian dalam pipinya dengan saksama.

5. Hibur Bayi Sesudahnya

Selepas lidah bayi selesai dibersihkan, Bunda jangan lupa untuk menghibur dan membuatnya tertawa. Pertama, awali dulu dengan memberikannya pelukan hangat sembari mengajaknya berkomunikasi. Lalu, mainkan ekspresi wajah Bunda yang nampak konyol agar ia dapat terhibur dan tertawa lepas.

Kemudian lanjutkan dengan memberikan sentuhan juga pijatan lembut di kakinya. Berikan kecupan manis di sela-sela pijatan untuk semakin memperkuat bonding atau ikatan batin antara Bunda dengan buah hati tercinta.

Tips lainnya yang perlu diperhatikan

Ada beberapa tips lain yang perlu Bunda perhatikan terkait kebersihan mulut bayi, diantaranya:

  • Jangan melanjutkan proses pembersihan jika si kecil menjadi sangat rewel. Bersabarlah dan tunggu hingga kondisinya menjadi lebih tenang.
  • Pembersihan lidah dan bagian dalam mulut lainnya dapat dilakukan setiap hari secara rutin.
  • Disarankan untuk membersihkan mulut bayi sebelum ia makan atau sekitar 30 menit setelah ia makan atau menyusui.
  • Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan dan mensterilkan semua peralatan menyusuinya, termasuk botol susu dan empeng.
  • Lakukan perawatan yang tepat bila payudara Bunda sedang mengalami infeksi jamur.
  • Jangan menggunakan produk pembersih apapun untuk membersihkan lidah si kecil tanpa berkonsultasi dahulu pada dokter.

Terakhir, bawalah buah hati Bunda pada dokter untuk diperiksa secara langsung bila terdapat tanda-tanda infeksi jamur pada lidahnya. Misalnya seperti bercak putih yang sulit dihilangkan bahkan nampak menyebar ke seluruh area dalam mulut, nafsu makan berkurang dan menjadi sangat rewel terutama saat ia sedang menyusui.

  • Toothclub.gov.hk. Oral cleaning methods for children between aged 0 and 6. Diakses Januari 2020.
  • WikiHow Staff, Wikihow. 2019. How to Clean a Baby's Tongue. Diakses Januari 2020.
  • Anisha Nair, Parenting.firstcry. 2018. How to Clean Infant Tongue. Diakses Januari 2020.
  • Valencia Higuera, Healthline. 2019. What’s Causing My Baby’s White Tongue?. Diakses Januari 2020.
  • Sy Kraft, Medicalnewstoday. 2017. What happens when babies get oral thrush?. Diakses Januari 2020.

Tinggalkan Komentar

#