Lidah Putih pada Bayi Akibat Susu atau Infeksi Jamur? Ini Bedanya

Ketika lidah bayi berwarna putih, maka ada dua kemungkinan penyebab utamanya; akibat sisa susu atau sariawan akibat jamur.  Yuk, ketahui perbedaannya.

penyebab lidah putih pada bayi

Memiliki bayi yang sudah diidam-idamkan tentu membuat orang tua selalu mengamati apapun yang terjadi pada buah hatinya. Baik dari sisi pertumbuhan, perkembangan, dan tak kalah penting adalah kesehatannya yang sangat mepengaruhi keduanya.

Ketika terdapat suatu masalah atau sesuatu yang tidak biasa, tentu akan menimbulkan rasa penasaran dan kekhawatiran. Salah satu masalah yang kerap dialami yaitu adanya putih putih di mulut dan lidah bayi.

Agar tidak salah dalam menyimpulkan dan mengambil tindakan, mari kita pelajari apakah lidah bayi putih tersebut termasuk sesuatu yang wajar ataukah penyakit berbahaya dengan mengenali ciri-cirinya.

Putih-putih di mulut dan lidah bayi wajar terjadi jika itu merupakan sisa susu atau ASI yang masih menempel. Namun, menjadi kondisi serius yang harus segera diobati apabila disebabkan oleh infeksi jamur pada mulut.

Lantas, bagaimana membedakan keduanya?

Ciri-ciri lidah putih akibat sisa susu

lidah bayi putih akibat susu

Contoh lidah bayi putih akibat sisa susu.

Susu atau ASI adalah makanan yang sehari-hari melewati mulut bayi, maka dari itu tidak heran jika ada bekas di lidah dan mulutnya. Jika lidah bayi yang putih menunjukkan tanda-tanda berikut, kemungkinan besar itu adalah sisa susu:

  • Lapisan putih terbatas hanya pada lidah
  • Biasanya hanya muncul setelah menyusui , dan tidak sepanjang hari
  • Saat dibersihkan atau diseka dengan lembut dapat mengurangi lapisan putih pada lidah tersebut, sehingga akan terlihat warna lidah asli, merah muda.

Pada kondisi seperti ini, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, cukup dibersihkan dengan cara yang tepat. Baca:  Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar

Putih putih di mulut dan lidah bayi akibat infeksi jamur

Oral thrush adalah kondisi umum yang menyerang bayi di bawah dua bulan. Penyebab utamanya adalah infeksi jamur yang dikenal sebagai Candida Albicans. Jamur Candida ini secara alami memang ada pada bayi baru lahir melalui jalan lahir dan pada orang dewasa, dan hanya menjadi masalah ketika tumbuh berlebihan.

Saat jamur Candida ini tumbuh berlebihan di mulut, maka akan menimbulkan putih-putih dan sariawan baik pada lidah ataupun bagian mulut lainnya. Infeksinya disebut sebagai Candidiasis (baca: kandidiasis), disamping nama populernya, oral thrush.

Apa yang menyebabkan jamur ini tumbuh berlebihan?

Jamur ini tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan hangat (sekitar 37 derajat Celcius), artinya mulut menjadi tempat yang ideal. Namun pertumbuhannya dapat ditekan oleh daya tahan tubuh dan bakteri baik pada mulut sehingga tak menimbulkan penyakit berupa putih-putih di mulut.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bayi prematur dengan berat lahir rendah lebih mungkin untuk terkena kandidiasis mulut daripada bayi cukup bulan. Hal ini terkait dengan daya tahan tubuh bayi prematur yang lebih rendah dibanding bayi cukup bulan.

Pada kasus lainnya, infeksi jamur kandida pada mulut sering terjadi ketika bayi menjalani pengobatan dengan antibiotik. Dimana antibiotik ini akan membunuh bakteri jahat dan termasuk bakteri baik sehingga dapat menyebabkan perubahan keseimbangan alami pada flora normal tubuh.

Akibatnya jamur tumbuh subur, karena tidak ada bakteri baik yang menghambat.

Faktor risiko lain terjadinya kandidiasis mulut termasuk neutropenia (kadar rendah neutrofil, sejenis sel darah putih), status immunocompromised atau daya tahan tubuh lemah, berada di ICU, dan penggunaan kortikosteroid yang dapat menekan sistem imun.

Berikut ciri-ciri dan gejala lidah bayi putih akibat infeksi jamur:

  • Bintik-bintik putih di lidah dan pipi bagian dalam, dan benjolan di atap mulut
  • Bercak putih di lidah dapat terlihat sepanjang hari
  • Lesi kecil berwarna putih yang menyerupai keju cottage
  • Saat dibersihkan lebih sulit hilang dan terasa sakit. Saat lapisan putih berhasil diangkat, terlihat kemerahan, atau berdarah.
  • Dimulai dari bintik-bintik putih kecil pada lidah dan bibir bagian dalam, berlanjut ke lidah yang luas, seperti dadih, berlapis putih.
  • Bayi menunjukkan ketidaknyamanan atau iritasi saat menyusu.
lidah putih akibat jamur kandida

Contoh gambar lidah putih pada bayi akibat jamur Candida.

Apa yang harus dilakukan jika curiga lidah bayi putih akibat jamur?

Jika lidah bayi yang berwarna putih menunjukkan beberapa tanda di atas, maka mengarah ke oral thrush. Tetapi hal ini umumnya tidak perlu dikhawatirkan, karena oral thrush pada bayi mudah diobati.

Bagaimana cara menghilangkan putih putih di lidah bayi akibat jamur?

Berikut beberapa hal penting yang perlu diingat jika bayi menderita sariawan akibat jamur:

  • Sebagian besar kasus kandidiasis mulut sembuh dalam 1-3 minggu tanpa pengobatan, meskipun beberapa kasus dapat berkembang dan membutuhkan perawatan medis.
  • Jika ingin cepat sembuh, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter, dokter akan meresepkan obat berupa gel atau tetes anti jamur untuk mengobati kondisi tersebut. Obat ini harus diterapkan beberapa kali sehari di mulut bayi.
  • Jika Bunda sedang menyusui, maka Bunda juga perlu merawat daerah puting, karena jamur penyebab sariawan bisa menyebar ke puting dan menimbulkan rasa sakit. Jika mengobati mulut bayi, maka harus sekaligus mengobati puting, agar sembuh serentak dan tidak terjadi infeksi bolak-balik (pingpong infection)
  • Sebelum menggunakan obat anti-jamur, berkonsultasilah dengan dokter untuk memastikan bahwa itu aman untuk bayi baru lahir. Tidak dianjurkan menggunakan obat antijamur tanpa rekomendasi dokter.

Tips perawatan lidah bayi untuk mencegah infeksi jamur

Sariawan oral memang sering terjadi pada bayi baru lahir, namun untungnya ada beberapa cara untuk membantu mencegahnya. Petunjuk berikut akan memastikan kebersihan mulut bayi terjaga dengan baik dan mengurangi kemungkinan sariawan dan kondisi mulut lainnya:

  • Bersihkan mulut bayi setelah setiap menyusui. Bunda dapat melakukannya dengan mencelupkan kain lembut dan bersih ke dalam air dan dengan lembut mengusap mulut bayi dengan gerakan memutar.
  • Pijat gusi bayi setiap selesai menyusui untuk memastikan gusi yang sehat dan kuat.
  • Jika Bunda memberi susu botol pada bayi, sterilkan semua bagian botol.
  • Jaga kebersihan puting susu Bunda.

. . .

Sebagai orang tua baru, bunda mungkin bertanya-tanya, ‘apa arti lidah putih pada bayi saya?’ Dua penyebab paling umum dari lidah putih adalah residu susu atau oral thrush.

Jika itu hanya muncul setelah menyusu dan dapat dihilangkan tanpa banyak kesulitan, kemungkinan itu adalah sisa susu. Namun, jika ada bercak putih yang tebal di lidah, pipi bagian dalam, dan atap mulut, serta sulit dibersihkan, maka itu tanda-tanda oral thrush. Segera obati dengan antijamur dari dokter.

  • Anna Giorgi, Healthline. 2019. Everything You Need to Know About Oral Thrush. Diakses Januari 2020.
  • Mayoclinic. 2018. Oral Thrush. Diakses Januari 2020.
  • Valencia Higuera, Healthline. 2019. What’s Causing My Baby’s White Tongue?. Diakses Januari 2020.

Tinggalkan Komentar

#